Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Persentase Perekrutan Siswa Sekolah Perikanan Diubah

Kompas.com - 26/08/2011, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengubah persentase dalam perekrutan siswa sekolah perikanan sehingga diharapkan semakin banyak anak pelaku utama sektor kelautan dan perikanan yang masuk lembaga pendidikan tersebut. Tahun-tahun sebelumnya, lembaga pendidikan KKP merekrut siswa dan taruna baru dengan persentase 40 persen untuk umum melalui tes, 40 persen untuk anak-anak para pelaku utama yang diusulkan dari pemerintah daerah.

"Hal ini termasuk anak-anak korban bencana alam dan 20 persen merupakan perwujudan dari kerja sama dengan berbagai instansi terkait," kata Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi KKP Yulistyo Mudho di Jakarta, Jumat (26/8/2011).

Oleh karena itu, menurut Yulistyo, kesempatan bagi anak-anak para pelaku utama sektor kelautan dan perikanan untuk mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan KKP juga semakin terbuka lebar. Biasanya, persentase dari perekrutan siswa sekolah perikanan lebih dititikberatkan kepada mereka yang masuk untuk umum melalui jalur tes.

Selain itu, KKP pada tahun 2011 telah memberikan bantuan kepada 817 anak-anak dari para nelayan, pembudidaya, dan pengolah hasil perikanan.

Ia memaparkan, bantuan senilai lebih dari Rp 15 miliar itu telah disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad pada acara Safari Ramadhan di Sekolah Usaha Menengah Perikanan Negeri Tegal, Jawa Tengah, Kamis.

"Para putra-putri anak pelaku utama ini diberikan beasiswa untuk bersekolah di sekolah tinggi perikanan, akademi perikanan, dan sekolah usaha perikanan menengah negeri yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia," katanya.

Menurut dia, bantuan tersebut akan diberikan agar para penerima beasiswa dapat memperoleh wawasan dan kesempatan untuk mengembangkan dirinya menjadi calon pengusaha baru kelautan dan perikanan. Yulistyo mengungkapkan, hal tersebut guna mendukung visi KKP menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar tahun 2015 dan misi KKP dalam menyejahterakan masyarakat kelautan dan perikanan.

Pada tahun 2012, bantuan beasiswa untuk lembaga pendidikan KKP itu direncanakan meningkat menjadi 4.000 penerima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com