Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ciptakan Area Membaca di Rumah

Kompas.com - 31/08/2011, 18:55 WIB

KOMPAS.com - Menanamkan kebiasaan membaca bisa dimulai dari rumah. Untuk mendukungnya, ciptakan sudut baca di rumah agar kegiatan membaca jadi menyenangkan.

Bila di rumah Anda belum memiliki ruang khusus membaca, Anda bisa memanfaatkan ruang-ruang yang ada dengan sentuhan kreatif. Langkah pertama, tentukan dulu ruang mana yang akan dipakai sebagai sudut baca ideal. Ruang keluarga atau kamar tidur bisa dijadikan pilihan untuk itu.

Pertimbangkanlah luas ruangan, sebaiknya tidak terlalu sempit karena akan mengurangi kenyamanan. Untuk posisi sudut baca, pilihlah posisi yang bersebelahan dengan jendela. Dengan pencahayaan lewat jendela, penggunaan lampu saat membaca pada siang hari tak perlu lagi menggunakan lampu. Perhatikan pula posisi kursi agar cahaya matahari tidak membuat silau serta membuat mata cepat lelah.

Kedua, berdasarkan luas ruangan yang tersedia, sesuaikan perabotan untuk ruang baca. Apabila ruang tidak terlalu luas, cukup sediakan kursi, rak buku kecil, dan lampu baca. Kursi empuk akan menambah kenyamanan saat membaca.

Untuk ruangan yang lebih luas, pakailah kursi atau sofa dengan sandaran empuk. Usahakan perabotan di ruang ini tetap menyatu dengan tema desain rumah secara keseluruhan.

Ketiga, tampilkan warna-warna cantik perabotan di ruang baca selaras dengan warna ruangan secara keseluruhan. Misalnya, di kamar tidur Anda memadukan warna cokelat tua dan krem, maka warna putih dengan sedikit motif pada sofa atau kursi akan menjadi padanan yang tepat.

Keempat, beri pemanis pada meja dengan aksesori yang tidak berlebihan. Misalnya, menyusun bingkai foto keluarga atau koleksi lain yang lucu. Siapkan juga aksesori kegiatan membaca seperti pembatas buku dan alat-alat tulis. Selamat mencoba! (VAL, Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com