Pungli di Pelabuhan Palembang

Kompas.com - 05/09/2011, 08:28 WIB
EditorMarcus Suprihadi

PALEMBANG, KOMPAS.com- Dua orang berseragam Dinas Perhubungan Kota Palembang, AF dan SH, diduga melakukan pungutan liar di Pelabuhan Tangga Buntung, Palembang. Setiap kendaraan pribadi dikutip Rp 20.000.

AF dan SH beralasan uang tersebut untuk pencatatan nomor antre kendaraan masuk kapal roro (roll off roll on). Tidak ada bukti atau tanda terima atas kutipan itu.

"Beberapa kali menyeberang di sini, selalu diminta uang antre," ujar salah seorang pengatre, Luki, di Palembang, Senin (5/9/2011).

Petugas yang memunggut biasanya bergantian. Mereka melakukannya berdua. Satu mencatat tanda nomor kendaraan dan satu lagi mengambil uang dari pengemudi. Pada Senin pagi ini, SH mencatat kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.