Inflasi Agustus 2011 Mendekati 1 Persen

Kompas.com - 05/09/2011, 12:41 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik, Rusman Heriawan mengumumkan, tingkat inflasi pada Agustus 2011 mencapai 0,93 persen. Emas perhiasan dan biaya pendidikan merupakan kontributor terbesar bagi angka inflasi tersebut.

"Ternyata pada bulan Agustus yang (inflasi yang) terbesar adalah emas perhiasan. Jadi dari angka inflasi 0,93 persen, emas perhiasan menyumbang 0,19 persen," ujar Rusman, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (5/9/2011).

Rusman menuturkan, emas perhiasan mengalami kenaikan harga yang tertinggi pada bulan Agustus, di mana sempat mencapai angka 1.900-an dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram).

"Yang kedua yang menyumbang inflasi terbesar juga bahan pokok, biaya pendidikan," tambah dia.

Rusman menyebutkan, bulan Agustus ini masih tahun ajaran baru, khususnya bagi SD hingga SMU. Dengan begitu, lanjut dia, kontribusi biaya pendidikan sebesar 0,12 persen terhadap angka inflasi Agustus.

"Yang ketiga barulah beras. Beras meyumbang 0,09 persen (terhadap angka inflasi Agustus)," ujar Rusman.

Seiring dengan berlangsungnya masa Lebaran, ia menyebutkan, tarif angkutan udara juga berkontribusi cukup besar bagi inflasi. Tarif angkutan udara pada bulan lalu, tidak lagi tarif dasar. Rusman pun menyebutkan, sumbangan tarif angkutan udara terhadap inflasi sebesar 0,08 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, inflasi tahun kalender selama Januari-Agustus 2011 mencapai 2,69 persen. Sedangkan, inflasi year on year mencapai 4,79 persen.

Untuk inflasi inti pada Juli 2011 mencapai 1,09 persen. Sementara itu, inflasi inti year on year sebesar 5,15 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.