Orang Tua Kreatif Hasilkan anak Cerdas

Kompas.com - 10/09/2011, 20:52 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Banyak hal pun dilakukan agar sang buah hati tumbuh besar dan cerdas, salah satunya dengan memberikan pendidikan formal maupun informal. Meskipun begitu, saat di rumah orang tua tetap memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak, khususnya anak yang masih balita.

"Orang tua memiliki porsi yang sangat besar dalam tumbuh kembang anak. Guru-guru di sekolah hanya sebagai partner orang tua dalam mendidik anak, dan bukan sebaliknya," ungkap Lely Tobing, Direktur Twinkle Stars, saat open house Twinkle Stars, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2011).

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anak-anak di luar jam sekolahnya. "Fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah, memang belum tentu ada di rumah. Di sini lah kreativitas orang tua diperlukan untuk menggunakan peralatan yang ada dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar anak bisa belajar dan mengenal," tukas Lely. 

Dengan lebih mengenal bagaimana harus menjalani kehidupan sehari-hari secara langsung, anak tidak hanya sekadar menghafal teori-teori semata. Orangtua bisa memberikan anak sedikit tanggung jawab untuk merapikan tempat tidurnya sendiri, ataupun menyiram tanaman. Anak pun akan lebih mudah menyerap informasi dari orang tuanya karena adanya hubungan emosional yang kuat antara orang tua dan anak.

"Ini hubungan alami yang terjadi antara orang tua dan anak. Dengan demikian anak akan merasakan rasa aman dan nyaman ketika belajar dengan orang tuanya," tambah Lely.

Tak hanya membantu anak mengulang kembali pelajaran ataupun aktivitas lain di sekolah, orangtua juga harus mengetahui setiap tahap perkembangan anak di sekolah. Dengan demikian, komunikasi antara guru dan orangtua sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan optimal dan menghasilkan anak yang cerdas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.