Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas Akan Buka OSN di Manado

Kompas.com - 12/09/2011, 09:41 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dijadwalkan akan membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Manado, Sulawesi Utara, Senin (12/9/2011). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Star Wowor mengatakan, olimpiade ini akan diikuti 1.197 siswa dari seluruh tingkatan, dari sekolah dasar hingga menengah atas.

"OSN tersebut akan diikuti 1.977 orang untuk tingkat sekolah dasar, sekolah menengah atas dan guru," kata Wowor, Minggu (11/9/2011).

Ia mengatakan, ada beberapa agenda lain yang akan dilaksanakan Mendiknas setelah membuka OSN di Hotel Grand Kawanua, Manado, di antaranya mengikuti acara di Universitas Sam Ratulangi.

Menurut dia, dari peserta sebanyak 1.977 orang, memang belum semua datang ke Manado. Tetapi, ia memastikan, seluruh peserta akan tiba di Manado pada Minggu malam.Wowor menjamin, segala kebutuhan dan akomodasi para peserta akan tertangani dengan baik.

"Semua peserta akan dilayani dengan baik," katanya.

Ia berharap, semua elemen masyarakat Sulawesi Utara ikut  menyukseskan pelaksanaan OSN di Manado. Apalagi, menurutnya, daerah ini selalu sukses menggelar kegiatan nasional dan internasional.

"Berikanlah kenyamanan kepada setiap peserta sehingga mereka bisa berlomba dengan baik. Sulawesi Utara sudah terkenal kerukunannya sehingga beragam kegiatan berskala nasional dan internasional selalu sukses," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk OSN tingkat  SMA akan dilaksanakan di Kawanua Sahid Hotel,  OSN tingkat SD di Hotel Grand Kawanua, dan Olimpiade Sains Guru akan berlangsung di Hotel Grand Puri. Selain itu, kata dia, OSN SMA juga akan dilaksanakan di beberapa sekolah menengah atas yang tersebar di Kota Manado dan Kota Tomohon. Di Kota Manado akan dipusatkan di SMAN I, SMAN 7, SMK Eben Haezer, sedangkan di Kota Tomohon berlangsung di SMU Lokon.

"Ada beberapa kompetensi yang akan dilombakan, yakni kompetensi matematika, fisika, biologi, kimia, kebumian, komputer, astronomi dan ekonomi," jelas Wowor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com