Mendiknas Akan Buka OSN di Manado

Kompas.com - 12/09/2011, 09:41 WIB
EditorInggried

MANADO, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dijadwalkan akan membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Manado, Sulawesi Utara, Senin (12/9/2011). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Star Wowor mengatakan, olimpiade ini akan diikuti 1.197 siswa dari seluruh tingkatan, dari sekolah dasar hingga menengah atas.

"OSN tersebut akan diikuti 1.977 orang untuk tingkat sekolah dasar, sekolah menengah atas dan guru," kata Wowor, Minggu (11/9/2011).

Ia mengatakan, ada beberapa agenda lain yang akan dilaksanakan Mendiknas setelah membuka OSN di Hotel Grand Kawanua, Manado, di antaranya mengikuti acara di Universitas Sam Ratulangi.

Menurut dia, dari peserta sebanyak 1.977 orang, memang belum semua datang ke Manado. Tetapi, ia memastikan, seluruh peserta akan tiba di Manado pada Minggu malam.Wowor menjamin, segala kebutuhan dan akomodasi para peserta akan tertangani dengan baik.

"Semua peserta akan dilayani dengan baik," katanya.

Ia berharap, semua elemen masyarakat Sulawesi Utara ikut  menyukseskan pelaksanaan OSN di Manado. Apalagi, menurutnya, daerah ini selalu sukses menggelar kegiatan nasional dan internasional.

"Berikanlah kenyamanan kepada setiap peserta sehingga mereka bisa berlomba dengan baik. Sulawesi Utara sudah terkenal kerukunannya sehingga beragam kegiatan berskala nasional dan internasional selalu sukses," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk OSN tingkat  SMA akan dilaksanakan di Kawanua Sahid Hotel,  OSN tingkat SD di Hotel Grand Kawanua, dan Olimpiade Sains Guru akan berlangsung di Hotel Grand Puri. Selain itu, kata dia, OSN SMA juga akan dilaksanakan di beberapa sekolah menengah atas yang tersebar di Kota Manado dan Kota Tomohon. Di Kota Manado akan dipusatkan di SMAN I, SMAN 7, SMK Eben Haezer, sedangkan di Kota Tomohon berlangsung di SMU Lokon.

"Ada beberapa kompetensi yang akan dilombakan, yakni kompetensi matematika, fisika, biologi, kimia, kebumian, komputer, astronomi dan ekonomi," jelas Wowor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.