BEM UI Akan Gelar Aksi di Gedung Rektorat

Kompas.com - 14/09/2011, 11:57 WIB
EditorInggried

DEPOK, KOMPAS.com — Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (BEM FE UI) Dzulfian mengatakan, BEM semua fakultas akan melakukan aksi demo di Gedung Rektorat UI, Rabu (14/9/2011). Selain mengkritisi segala kebijakan rektorat, aksi ini juga sebagai upaya dalam memberikan perlindungan kepada para whistle blower terkait polemik yang terjadi di UI dalam beberapa pekan terakhir.

Zul mengungkapkan, awalnya ada beberapa whistle blower yang akan mengungkapkan sesuatu pada hari ini terkait kepemimpinan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. Namun, rencana itu terancam batal karena adanya intimidasi yang diterima oleh para whistle blower. Ia menduga, intimidasi tersebut berasal dari pihak rektorat.

"Agenda hari ini adalah memberikan proteksi melalui aksi simpatik dari BEM semua fakultas untuk para whistle blower. Tapi karena ada intimidasi, akhirnya jadi pada takut," kata Zul saat ditemui Kompas.com, Rabu (14/9/2011) pagi, di Fakultas Ekonomi UI, Depok, Jawa Barat.

Ia melanjutkan, sampai dengan Selasa kemarin, beberapa anggota BEM menerima banyak pesan singkat dari sejumlah pihak yang menyampaikan sejumlah ketidakberesan di kampus tersebut.

"Kemarin, seluruh staf keuangan sampai office boy bagian arsip disidang sebagai implikasi dari aksi hari Senin lalu. Padahal, itu membeberkan fakta, bukan fitnah," ujar Zul.

Mundurnya para whistle blower ini, menurut Zul, karena tidak siap dengan konsekuensi yang akan dituai setelah mengungkapkan apa yang diketahuinya.

Saat ditanya mengenai aksi mogok kuliah yang dilakukan oleh BEM FE UI, Zul menegaskan, ia hanya menyerukan aksi mogok tersebut kepada anggota BEM FE UI dan, meski tidak ada larangan secara tertulis dari fakultas, pada hari ini aksi mogok tersebut sudah dihentikan.

"Kita mengancam akan mogok kuliah jika sampai hari ini tidak ada titik terang. Meski ada beberapa mahasiswa di luar BEM FE UI yang ikut mogok kuliah, tapi tidak ada larangan resmi dari Dekan FE UI," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X