Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Pendidikan di SMA Kolose Loyola Semarang

Kompas.com - 15/09/2011, 20:14 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk memberikan informasi lebih banyak mengenai pendidikan di perguruan tinggi, pada tahun ini SMA Kolese Loyola Semarang bekerjasama dengan orang tua siswa dan alumni kembali menggelar pameran pendidikan tinggi.  

 

Pameran yang sudah berlangsung ke lima kali ini bertajuk LEF (Loyola Education Fair) 2011 : Membangun Informasi, Merencanakan Masa Depan akan berlangsung pada tanggal 17-18 September 2011 di SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar 37 Semarang, Jawa Tengah.  

 

Kepala SMA Kolese Loyola, Yustinus Triyono SJ MSc dalam keterangan pers, Kamis (15/9/2011) memastikan pameran pendidikan tersebut akan diikuti 59 stan p erguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.   

 

Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Universitas Diponegoro Semarang, adalah deretan perguruan tinggi negeri yang sudah memastikan kehadirannya, di samping juga beberapa perguruan tinggi swasta dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Perguruan tinggi luar negeri tercatat akan hadir dari 12 negara, seperti Singapura, Malaysia, Belanda, Jepang, Korea Selatan, Australia, Jerman, dan Amerika, ujarnya.  

 

Menurut Yustinus, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk perwujudan kepedulian dan memberikan solusi mengatasi kebingungan orang tua dan para siswa dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan cita-cita, berkualitas, dan sesuai kemampuan ekonomi keluarga.  

 

Pameran perguruan tinggi ini juga sengaja dirancang untuk menjembatani dan memfasilitasi kebutuhan informasi bagi orang tua siswa dan sekaligus membekali para siswa SLTA tidak hanya dikhususkan bagi kelas 12 saja akan tetapi juga para siswa yang saat ini masih duduk di kelas 10 dan 11.   

 

Harapannya mereka sejak dini sudah memiliki informasi berbagai perguruan tinggi dan fakultas sehingga dapat mulai mempersiapkan dan merencanakan diri. Profesi apa dan karier yang bagaimana yang akan ditekuni di masa mendatang, ujar Yustinus .  

 

Pada pameran ini, para pengunjung bisa bertemu langsung dengan pengelola berbagai perguruan tinggi negeri/swasta yang berkualitas baik dari dalam negeri dan luar negeri ke stan perguruan tinggi masing-masing . Pengunjung dapat menggali langsung tentang s istem perkuliahan dan juga biaya yang harus dikeluarkan selama kuliah.  

 

Penggalian informasinya dapat pula lebih dilengkapi dengan mengikuti Presentasi perguruan tinggi dari beberapa stan dan Presentasi karier dan profesi yang telah terjadwal.  

 

Di sela-sela pameran tersebut juga akan diselenggarakan seminar tetang Ekonomi Kreatif dan Penguasaan Information and Communication Technology (ICT) di segala bidang karier.

Materi itu dinilai penting mengingat dalam konsep gelombang ekonomi baru yang kini tengah berlangsung, membutuhkan kemampuan mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan pengetahuan dan inovasi/terobosan dari sumber daya manusia. Semua kegiatan ini dapat diikuti secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya, tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com