Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Pelajar Indonesia ke AS Meningkat

Kompas.com - 16/09/2011, 18:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim panas sering diasosiasikan dengan liburan. Akan tetapi, di beberapa negara, Amerika Serikat (AS) misalnya, musim panas juga merupakan momentum yang baik untuk penyelenggaran program kursus singkat (summer course) ataupun pelaksanaan program pertukaran pelajar.

Untuk musim panas tahun ini, Kedutaan Besar AS di Jakarta telah memberi visa lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Siaran pers Kedubes AS, Jumat (16/9/2011), menyebutkan, jumlah visa yang diberikan kepada pelajar-pelajar Indonesia yang akan berangkat ke AS telah meningkat lebih dari 20 persen pada musim panas tahun ini sehingga mencapai angka tertinggi dalam masa sepuluh tahun.

Kedutaan Besar AS menyatakan terus berusaha memperbaiki proses permohonan visa bagi para pelajar untuk menjamin agar siapa pun yang memiliki keinginan belajar di AS bisa mendapat kesempatan melakukannya. Pada periode musim panas ini lebih dari 90 persen dari seluruh permohonan visa pelajar telah dikabulkan.

Peningkatan jumlah pelajar dan peserta program pertukaran antara AS dan Indonesia merupakan bagian penting dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia yang dicetuskan oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejak bulan Mei hingga Agustus 2011, Bagian Konsuler AS di Jakarta dan Surabaya telah mengeluarkan lebih banyak visa untuk para pelajar dan peserta program pertukaran daripada periode manapun dalam sepuluh tahun terakhir ini.

Selain itu, Kedutaan Besar AS di Jakarta dan Konsulat Jenderal AS di Surabaya juga telah mempercepat dan mempermudah proses permohonan visa bagi para pelajar Indonesia. Sebagai hasilnya, jumlah warga Indonesia yang belajar di AS terus meningkat dengan pesat.

Kedutaan Besar AS di Jakarta juga telah menyediakan jadwal wawancara untuk pelajar setiap hari Senin dan Konsulat Jenderal AS di Surabaya setiap hari Jumat. Pelajar tidak perlu menunggu lebih dari seminggu untuk melakukan wawancara visa meski pada liburan musim panas.

Pemohon visa, menurut Kedubes AS, dapat memilih tanggal dan jam wawancara yang sesuai dengan keinginan mereka. Pelajar dapat mengajukan permohonan visa 120 hari sebelum studi dimulai sehingga mereka dapat mengajukan permohonan visa jauh lebih awal dan memulai studi tepat pada waktunya.

Setelah wawancara, pemohon dapat mengambil visa mereka dalam tiga hari kerja sehingga proses pembuatan visa secara keseluruhan membutuhkan waktu kurang dari seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com