Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Taitnama Segera Nikmati Air Bersih

Kompas.com - 18/09/2011, 15:30 WIB

KUPANG, KOMPAS.com — Proyek air bersih bantuan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) tak lama lagi akan mengalir hingga kampung warga di Taitnama, Desa Kuanheum, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.                

Hingga Minggu (18/9/2011), bagian bangunan pintu air telah selesai dipasang dan siap difungsikan untuk menggenangi mulut bendungan. Dari air genangan itu pula telah siap dialirkan melalui tiga pipa utama menuju bak elevasi sebelum diterjunkan menuju pompa hidran di bawahnya.

Pelaksana bangunan mitra DKK di Kupang, Alex Lamba, menjelaskan, uji coba peluncuran air akan dilakukan akhir September ini. Pekerjaan masih tersisa dan akan rampung dalam waktu dekat adalah pengecoran lanjutan puncak bak elevasi dan pemasangan pompa hidran.

Adapun pemasangan pipa fleksibel dari titik pompa hidran hingga puncak tebing sebelum disambungkan ke jaringan pipa besi yang telah rampung dipasang hingga perkampungan warga.                

"Kelanjutan pekerjaan sempat terganggu akibat pohon tumbang dua pekan lalu. Bagian dahannya menimpa jaringan pipa utama antara mulut bendungan dan bak elevasi. Beruntung hanya jaringan pipanya yang ringsek hingga harus diganti, sementara sejumlah tiang penyangganya tetap kokoh," jelas Alex.

Teknisi lainnya yang juga rekan kerja Alex, Adhi Dharmawan, menambahkan, peluncuran air hingga kampung warga tinggal menunggu waktu. "Kami sangat optimistis air bersih bantuan DKK akan segera mengakhiri kirisis air bersih yang turun-temurun menimpa warga Taitnama yang kini berpenduduk sekitar 700 jiwa dan warga kampung lain di sekitarnya," jelas Adhi.                

Pengaliran air dari Sungai Kuanheum yang berdebit tinggi itu menggunakan mesin pompa hidran berteknologi "air tolak air" sehingga tidak memerlukan dukungan energi lain dari luar. Dengan demikian, warga terbebas dari beban biaya membeli bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com