Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Anak Sukses Orangtua Perlu Siap Mental

Kompas.com - 19/09/2011, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Kesuksesan anak juga ditentukan kesiapan orangtuanya. Anak yang berpotensi tumbuh menjadi pemimpin sejak dini, dan memiliki kemampuan mengembangkan dirinya menjadi pribadi mandiri, siap menuju sukses, namun juga bisa terhambat karena ketidaksiapan orangtua.

Orangtua juga perlu menyiapkan dirinya, terutama mental, untuk mendampingi anak meraih kesuksesannya. Pakar kepribadian dan Direktur Sekolah Duta Bangsa, Mien Rachman Uno mengatakan agar anak sukses menjadi pemimpin di usia dini, orangtua juga harus dipersiapkan.

Mien Uno menyontohkan, bagaimana Anne Avantie, desainer kebaya ternama asal Semarang, mendukung dan membimbing dua anaknya untuk fokus menjalani profesi yang dipilihnya sejak usia muda.

"Orangtua juga harus memiliki kesiapan untuk mendampingi anak yang sukses di usia muda. Seperti Anne Avantie, yang melepaskan anak-anaknya untuk membuat pilihan, dengan disertai pertimbangan yang matang. Anak-anak Anne memilih berwirausaha di usia muda. Bahkan anak kedua, memilih sekolah kuliner di usia 17, dan sukses menjadi chef di usia muda. Orangtua perlu bersiap menghadapi pilihan anak menuju kesuksesan," jelas Mien saat diskusi panel bersama nomine Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2011 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Mien, anak berhak memilih profesi dan masa depannya. "Biarkan anak memilih, meski nantinya akan ada yang hilang saat anak memilih. Seperti kehilangan masa anak-anak. Kehilangan masa anak-anak ini menjadi bagian dari sukses. Tentunya pemilihan ini didasarkan atas pertimbangan yang matang, bimbingan dari orangtua, dan kesiapan mental dari orangtua itu sendiri," jelasnya.

Bagaimana dengan Anda? Seperti apa reaksi atau respons Anda, begitu mengetahui anak, di usia muda, memilih profesi yang diyakininya bisa memberikan kesuksesan? Siapkah Anda melepas anak di usia muda untuk mengejar mimpinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com