Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM-RMUTT Thailand Jalin Kerja Sama Penelitian

Kompas.com - 19/09/2011, 17:24 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Rajamangala University of Technology Thanyaburi Thailand menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) UGM, Retno Sunarminingsih dan Rektor Rajamangala University of Technology Thanyaburi (RMUTT) Numyoot Songthanaipak, di Yogyakarta, Senin (19/9/2011).

Menurut Retno, kerja sama itu mengatur tentang pertukaran dan pendidikan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana serta saling tukar informasi terkait dengan sumber daya akademik.

Selain itu, kedua pihak juga akan melakukan penelitian, praktik mengajar bersama, dan pengembangan program teknik manajemen dan sistem rekayasa.

"Hal itu tentu mendukung bagi pembangunan berkelanjutan, yang telah terangkum dalam kurikulum dan menjadi subjek di beberapa fakultas untuk mewujudkan green technology atau teknologi hijau," kata dia.

Ia mengatakan, UGM mengajak RMUTT secara bersama-sama terjun ke lapangan mengenalkan berbagai teknologi sederhana untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat.

"Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM), UGM dan RMUTT dapat melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi permasalahan kemiskinan," katanya.

Numyoot mengatakan, UGM dan RMUTT memang memiliki banyak kemiripan. Di RMUTT, para mahasiswa juga didorong untuk memperoleh nilai-nilai kewirausahaan yakni nilai-nilai yang berfokus pada pemberdayaan.

"Hal itu diharapkan dapat mendukung terwujudnya pendidikan interdisipliner dan program pemberdayaan masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com