Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Desak Pembubaran Banggar

Kompas.com - 20/09/2011, 13:23 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sekitar 50 mahasiswa yang bergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Jawa Timur, Selasa (20/9/2011), menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPRD Jatim, Surabaya. Mereka juga protes terhadap sepak terjang mafia di Badan Anggaran DPR yang diberitakan media masa belakangan ini.

Mahasiswa juga mendesak pembubaran Banggar karena dinilai malah menjadi wadah untuk korupsi. Dalam aksinya, secara bergantian mahasiswa berorasi sambil membawa sejumlah poster yang bertuliskan antara lain "Badan Anggaran sebagai Media Korupsi", "Banggar Sama dengan Menanam Bibit Koruptor", dan "Hapus Badan Anggaran".

Juru Bicara BEM Jatim, Mubarok, mengatakan, sejumlah kasus yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi umumnya bermuara pada Banggar. Lembaga yang seharusnya jadi forum musyawarah legislatif dan eksekutif itu ternyata justru menjadi ajang negosiasi seperti yang diungkap anggota DPR, Muhammad Nazaruddin.

Perilaku tersebut adalah kejahatan korupsi yang luar biasa karena mencuri uang negara yang seharusnya diberikan untuk rakyat. Banggar malah menjadi arena permainan koruptor. Dengan demikian, tidak ada pilihan kecuali membubarkan Banggar.

Apalagi, mekanisme operasional di Banggar DPR tidak mengacu pada tatanan organisasi yang ideal. Justru yang mendominasi praktik lobi di luar struktur yang tidak bisa dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Sebelum meninggalkan Gedung DPRD Jatim, mereka menitipkan aspirasi agar disampaikan ke DPR di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com