Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ada Kekeringan, Karawang 0ptimistis Capai Target

Kompas.com - 20/09/2011, 16:45 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, optimistis bisa mencapai target produksi padi sebesar 1,43 juta ton gabah kering panen tahun ini, meski ada laporan kekeringan di sebagian persawahan di pesisir utara.

Dari perhitungan terakhir, mengacu produktivitas dan sisa luas panen, realisasi produksi tahun ini bisa mencapai 1,46 juta ton atau 102 persen dari target.

Bupati Karawang, Ade Swara, Selasa (20/9/2011), di Karawang, menyatakan, target akan mudah tercapai, karena realisasi untuk musim tanam rendeng sebesar 741.944 ton gabah kering panen (GKP), 52 persen dari target tahun ini. Sementara target musim tanam gadu 337.405 ton GKP, dan hingga kini terealisasi 99,8 persen (luas tanam) dan 47 persen (luas panen).

Dengan demikian, secara total produksi padi Karawang pada tahun 2011 diperkirakan mencapai 1,465 juta ton GKP. "Jumlah itu mencapai 102 persen dari target yang telah ditetapkan sebelumnya," tambahnya.

Terkait dengan kekeringan di sejumlah desa, pemerintah kabupaten telah dan sedang melaksanakan beberapa langkah, antara lain mengeruk sedimentasi di sejumlah titik saluran air, seperti di Desa Kedungjaya, Kecamatan Cibuaya, sepanjang tiga kilometer.

Selain itu, pompanisasi dengan memanfaatkan saluran irigasi maupun kali pembuang, menggelar gerakan kerja bakti pembersihan saluran air bersama petani guna membersihkan eceng gondok dan sampah, serta menguji coba varietas benih dan teknologi penanaman hemat air di Desa Pasirkamuning, Kecamatan Telagasari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com