Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Bantah Miliki Akun @Gilang_Perdanaa

Kompas.com - 20/09/2011, 20:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah seorang siswa SMA Negeri 6 Jakarta, Gilang Perdana, sempat disebut-sebut sebagai pemilik akun Twitter @Gilang_Perdanaa. Namun, Gilang membantah dirinya adalah pemilik akun itu.

Bantahan Gilang ini disampaikan ke pihak sekolah yang diterima Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika. "Gilang sendiri mengaku tidak memiliki akun tersebut," ujar Agus saat mengunjungi SMAN 6 Jakarta, Selasa (20/9/2011).

Agus mengakui bahwa Gilang memang mempunyai akun Twitter, tetapi bukan atas nama @Gilang_Perdanaa. Ia pun membenarkan bahwa Gilang Perdana adalah salah satu siswa SMAN 6 Jakarta. "Saya belum bisa menyampaikan jauh lagi. Benar ada siswa kami bernama gilang," kata Agus.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sepakat untuk menyerahkan kasus ini ke ranah hukum. Ia menegaskan bahwa siswa yang terbukti terlibat terancam akan dikeluarkan dari sekolah.

"Di sekolah punya standar, kalau siswa sudah punya skor melebihi batas atas keburukannya, maka akan dikembalikan ke orangtuanya," ujarnya.

Gilang yang diduga merupakan pemilik akun @Gilang_Perdanaa menjadi orang paling dicari oleh para pengguna Twitter. Hal ini lantaran "kicauannya" yang bernada penuh kebencian terhadap wartawan terkait kericuhan antara wartawan dan pelajar SMAN 6, Senin (19/9/2011) siang.

Pada akun tersebut, sempat tertulis bahwa ia puas memukuli wartawan. "Gilang" juga mengeluarkan kata-kata makian. Namun, akun itu tak bisa lagi diakses dan akun Gilang pun sempat berganti-ganti nama.

Gilang Perdana, diduga sebagai pemilik akun, juga telah dilaporkan sebagai sebagai pelaku pengeroyokan wartawan yang menjadi korban dalam bentrok itu. Jika terbukti melakukan pengeroyokan bersama-sama, ia bisa dijerat dengan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com