Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putus "Tradisi Tawuran" dengan Konsep "Cutting Generation"

Kompas.com - 21/09/2011, 17:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan DKI Jakarta meminta  pihak SMA Negeri 6 mulai menerapkan dan menularkan budaya santun dan cinta damai kepada para peserta didiknya. Hal ini dinilai akan memutuskan mata rantai "tradisi tawuran" di SMA tersebut. Salah satu perubahan budaya itu dapat dilakukan dengan konsep cutting generation. "Perubahan budaya dapat dilakukan melalui konsep cutting generation atau pemutusan generasi dan relokasi atau penggabungan sekolah," kata Wakil Kepala Disdik DKI Jakarta, Agus Suradika, di Jakarta, Rabu (21/9/2011).

Ia mengatakan, usulan menghentikan penerimaan siswa baru di SMA 6 sementara waktu akan berdampak luas terhadap dunia pendidikan, khususnya bidang pendidikan menengah tinggi. Pasalnya, kuantitas dan kapasitas SMA di Jakarta sangat terbatas. Hilangnya satu SMA akan berakibat banyaknya peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri. Menurut Agus, penghentian penerimaan siswa baru dibutuhkan kajian mendalam terlebih dahulu sehingga tidak boleh serta merta diberlakukan.

"Saya mengakui adanya tradisi tawuran tersebut. Untuk mematahkan tradisi tersebut, SMAN 6 Jakarta perlu melakukan perubahan budaya. Tanpa adanya perubahan budaya, maka jangan harap tradisi tawuran dapat hilang dari sekolah itu," ujarnya.

Ia mengusulkan, pemutusan generasi lebih baik tetap melakukan penerimaan siswa baru dengan menerima lebih banyak peserta didik perempuan daripada laki-laki.

"Cara ini pernah diterapkan di SMAN 6 Yogyakarta, dimana para siswanya kerap kali terlibat tawuran. Langkah ini mungkin lebih efektif daripada menghentikan penerimaan siswa baru di tengah keterbatasan jumlah SMA negeri di ibukota," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com