Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNM dan Uncen Lolos ke "Grand Final"

Kompas.com - 22/09/2011, 03:33 WIB

Makassar, Kompas - Universitas Negeri Makassar dan Universitas Cenderawasih Papua lolos ke babak grand final Liga Pendidikan Indonesia yang akan diselenggarakan 24-28 September di Bandung. Kedua perguruan tinggi itu sukses menundukkan lawan-lawannya dengan skor 1-0 pada babak semifinal di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/9).

Juara Grup H kategori perguruan tinggi, Universitas Negeri Makassar (UNM), unggul atas Universitas Negeri Gorontalo lewat gol tunggal gelandang M Arif Setiawan. Arif berhasil menyundul bola hasil kemelut di depan gawang saat babak kedua baru berlangsung satu menit.

Keunggulan tersebut menambah motivasi anak-anak UNM untuk terus menyerang. Saat laga memasuki menit ke-39, UNM mendapat sepakan penalti setelah salah seorang bek lawan menyentuh bola dengan tangan. Namun, eksekusi striker Rezkiadi ke pojok kiri gawang terlalu lemah sehingga dapat diblok penjaga gawang, Muhtar.

Kemenangan 1-0 juga dibukukan tim Universitas Cenderawasih (Uncen) atas ”saudaranya” Universitas Negeri Papua (Unipa). Gol semata wayang Uncen diciptakan Eljo Ernesto Iba pada menit ke-18. Eljo sukses mengelabui tiga pemain lawan sebelum akhirnya mengecoh kiper dengan sentuhan pelan.

Manajer Uncen Nelson Paru optimistis pencapaian ini dapat berlanjut pada babak grand final. ”Kami siap menghadapi siapa pun dalam babak grand final nanti. Kepercayaan diri pemain sedang bagus-bagusnya,” ungkap Nelson. Keyakinan serupa disampaikan Rektor UNM Arismunandar.

Untuk kategori SMP/SMA sederajat, wakil dari Maluku Utara tampil perkasa. SMP Negeri 17 Tidore menaklukkan SMP Negeri 2 Kotamobagu, Sulawesi Utara, 1-0.

Adapun SMK Bina Informatika, Maluku Utara, menang 2-1 atas juara Grup G SMA Negeri 2 Manokwari, Papua Barat.

Sementara itu, Sumatera Barat sukses mengirimkan dua wakilnya ke grand final. Kepastian itu didapat seusai SMPN 7 Pariaman dan SMAN 5 Padang mengungguli lawan masing-masing pada babak semifinal wilayah Banten.

(RIZ/OTW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com