Marlina Guru Besar Mikrobiologi

Kompas.com - 22/09/2011, 17:06 WIB
EditorNasru Alam Aziz

PADANG, KOMPAS.com -- Prof Dr Marlina dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang ilmu mikrobiologi, di Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/9/2011). Pengukuhan guru besar itu dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yang merupakan teman sekolah Marlina di SMP 4 Bukittinggi, Sumatera Barat.

Marlina menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Kontribusi Ilmu Mikrobiologi dan Biologi Molekuler dalam Meningkatkan Kesehatan Manusia".

Usai pengukuhan, Marlina yang tengah mengajukan paten dengan judul Metode Deteksi Cepat Bakteri Vibrio parahaemolyticus secara PCR (Polymerasi Chain Reaction) mengemukakan pentingnya perhatian pemerintah pada riset dan dunia penelitian.

Ia mengatakan, paten yang diajukannya terkait metode pemeriksaan terhadap infeksi bakteri dimaksud yang bisa mempercepat waktu. Jika sebelumnya membutuhkan waktu selama satu hari setelah sampel diambil, dengan mesin PCR hanya butuh dua jam. "Penerepannya di Indonesia masih terkendala kurangnya peralatan," kata Marlina.

Penelitian Marlina didukung Kyoto University, Jepang dalam payung Center for Southeast Asian Studies yang terdiri atas Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Sebuah pusat data bersama yang dibangun dari hasil-hasil penelitian menjadi tulang punggung program itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.