Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diluncurkan, Buku Pelajaran Bahasa Rusia di Indonesia

Kompas.com - 23/09/2011, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia meluncurkan "Buku Pelajaran Bahasa Rusia Modern". Penulis buku tersebut, Veronika Novoseltseva mengatakan, buku ini sengaja diluncurkan selain untuk membuka mata kedua bangsa melalui bahasa dan kebudayaan tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan hubungan baik sekaligus memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dengan Indonesia yang telah terjalin sejak 3 Februari 1950.

Veronika yang juga merupakan First Secretary of the Russian Embassy in Indonesia ini mengungkapkan, buku ini khusus diperuntukkan kepada para siswa yang ingin atau tengah mempelajari bahasa Rusia di tingkat lanjutan dan sudah menguasai dasar-dasar tata bahasa dan leksikologi Rusia.

"Buku seperti ini baru pertama kali diterbitkan di Indonesia. Penerbitan buku ini mempunyai makna politik yang tinggi dan merupakan refleksi dari dinamika hubungan bilateral Rusia dengan Indonesia yang semakin meningkat, sehingga peminat orang Indonesia yang ingin memperlajari bahasa Rusia semakin banyak" kata Veronika, Jumat (23/9/2011), di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta Pusat.

Veronika menjelaskan, "Buku Pelajaran Bahasa Rusia Modern" terdiri dari 39 pelajaran yang dibagi ke dalam 12 tema utama, yaitu, Bahasa Rusia, Folklor Rusia, Moscow, Kebudayaan Rusia, Seni Musik Rusia, Lembar-lembar Sejarah Rusia, Perang Patriotik Raya, Alam Rusia, Islam di Rusia, Kehidupan Generasi Muda Rusia, Negara Rusia, dan Dari Sejarah Hubungan Bilateral Rusia-Indonesia.

Di setiap temanya mencakup beberapa pelajaran (4 sampai 6). Setiap pelajaran terdiri dari teks utama (yang relevan dengan tema utama) dan teks sampingan ( teks dialog tidak besar mengenai tradisi kehidupan orang Rusia sehari-hari).

Di dalam buku ini, ia melanjutkan, juga dimuat teks-teks yang mengandung informasi obyektif mengenai negara Rusia dan berbagai aspek kehidupan masyarakat Rusia yang dalam banyak hal belum dikenal, khususnya oleh generasi muda Indonesia.

"Sebagai contoh bisa disebut teks-teks menarik mengenai angkasawan pertama Yuri Gagarin, tentang sejarah pemberantasan korupsi di Rusia, sampai kepada ilmuwan Rusia, Nikolai Mikluho-Maklai yang pada abad ke-19 tinggal di tengah suku Papua selama hampir sepuluh tahun," ujar Veronika.

Sebagai informasi, di setiap pelajaran ada lampiran kosa kata, penjelasan mengenai tata bahasa dan latihan-latihan. Pada bab terakhir, diisi dengan lampiran beberapa puisi Rusia yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com