Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uncen Melaju ke Semifinal

Kompas.com - 25/09/2011, 02:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Universitas Cendrawasih Papua melaju ke babak semifinal Liga Pendidikan Indonesia tingkat universitas setelah memukul IKIP Budi Utomo Malang, 2-1, di Lapangan Brigif 15, Bandung, Sabtu (24/9).

Laga dilaporkan berlangsung cukup keras. Permainan tim Papua yang keras tidak menyurutkan perlawanan pemain IKIP Budi Utomo Malang kendur. Laga sebetulnya berimbang, tetapi secara fisik Universitas Cendrawasih (Uncen) lebih unggul.

Pada babak pertama Uncen unggul 1-0. Tim IKIP Budi Utomo sempat menyamakan 1-1 di babak kedua, sebelum akhirnya laga dimenangi Uncen melalui tendangan penalti. Dengan hasil laga tersebut, tim Uncen merupakan satu-satunya tim dari Indonesia Timur yang melaju ke babak semifinal.

Pada laga lainnya, Universitas Negeri Makassar kalah 0-1 dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Semarang kalah 1-4 dari Universitas Islam Riau.

Di tingkat SMP, SMPN 4 Semarang (Jawa Tengah), SMPN 1, Bireuen (Aceh), SMPN 3 Gresik (Jawa Timur), dan MTs Al Munawaroh (Nusa Tenggara Barat) lolos ke semifinal. Keempat tim itu akan berjibaku memperebutkan dua tempat di babak final, yang akan berlangsung 28 September mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

SMPN 4 Semarang mengalahkan SMPN 17 Tikep Maluku Utara 3-0. Mereka akan menghadapi SMPN 1 Peusangan, Bireuen, Aceh yang sebelumnya menang 1-0 atas SMPN YPPK Bintang Timur, Papua.

SMPN 3 Gresik juga menang dengan 3-0 atas wakil Sumatera Barat, SMPN 7 Pariaman. Di semifinal, mereka berhadapan MTs Al Munawaroh, NTB, yang memukul MTs Mulawarman, Banjarmasin. 

Pada tingkat SMA, SMK Bina Informatika Ternate mengalahkan finalias Liga Pendidikan Indonesia musim pertama, SMAN 1 Sekayu Muba, 2-0. Mereka akan menghadapi tim tangguh asal Banten, SMA PGRI 109 Tangerang, yang sebelumnya juga lolos ke semifinal seusai menang 1-0 atas SMAN 11 Semarang. (*/SAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com