Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

750 Mahasiswa Asing Terima Beasiswa

Kompas.com - 26/09/2011, 10:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 750 mahasiswa asing dari 73 negara menerima beasiswa program Darmasiswa RI untuk mempelajari bidang seni tari tradisional, seni kriya, seni musik tradisional, dan bahasa Indonesia atau bahasa daerah selama satu tahun di 49 perguruan tinggi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional Ainun Naim menjelaskan, program yang telah diselenggarakan sejak 1974 ini merupakan upaya diplomasi kebudayaan untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia ke sejumlah negara.

”Ini termasuk soft diplomacy agar tidak ada pemahaman yang salah tentang Indonesia,” kata Ainun dalam Orientasi Kedatangan Peserta Program Darmasiswa Tahun Akademik 2011/ 2012, Jumat (23/9) malam, di Jakarta.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional Ananto Kusuma Seta menambahkan, mahasiswa asing penerima beasiswa ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 623 orang dari 65 negara.

Sejak 1974 hingga kini terdapat 3.800 alumni program Darmasiswa ini. ”Kami berharap tahun depan akan ada 1.000 mahasiswa asing yang belajar di Indonesia,” ujarnya.

Dalam program ini setiap mahasiswa asing akan menerima beasiswa sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Pemerintah juga memberikan subsidi biaya kuliah kepada perguruan tinggi tempat mereka belajar. Selain itu, mulai tahun ini para penerima beasiswa akan menerima sertifikat yang akan diakui kredit nilainya sebagai bagian dari kegiatan perkuliahan. ”Sertifikat dengan kredit transfer ini akan diakui oleh semua negara,” ujarnya.

Di akhir masa pendidikan, mahasiswa harus mempresentasikan karya tulis tentang Indonesia. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com