Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Peserta Bidik Misi Membanggakan

Kompas.com - 28/09/2011, 23:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestasi hasil belajar penerima beasiswa pendidikan bagi mahasiswa miskin (bidik misi), dinilai membanggakan. Mahasiswa dari keluarga miskin ini mampu menunjukkan prestasi belajar yang baik, dengan rata-rata IPK di atas 3,00.

 

Bahkan, cukup banyak mahasiswa yang memiliki IPK 4,00. Pencapaian hasil belajar yang baik terutama ditunjukkan mahasiswa perempuan dengan rata-rata IPK 3,20.

 

Demikian dikatakan Illah Sailah, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), di Jakarta, Rabu (28/9/2011). Kemdiknas telah melakukan evaluasi terhadap peserta bidik misi tahun 2010.

 

Hasil ini, kata Illah, menunjukkan program beasiswa bidik misi memang menyasar anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu. Namun ada juga yang drop out, terutama di politkenik, karena sistem penilaian yang ketat.

"Ini jadi masukan untuk perbaikan dalam menyeleksi penerima bidik misi selanjutnya," kata Illah.

 

 

Dalam pertemuan mahasiswa penerima bidik misi dengan Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, di Universitas Sam Ratulangi, Manado, hasil IPK yang tinggi juga disampaikan secara langsung oleh mahasiswa.

Mereka umumnya tidak menyangka bisa kuliah karena keterbatasan ekonomi orang tua yang hanya sebagai petani, buruh bangunan, atau pemetik buah kelapa.

 

Seorang mahasiswai Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi yang ayahnya bekerja sebagai pemanjat pohon kelapa, merasa bangga bisa kuliah di kampus ternama di Sulawesi Utara itu. Mahasiswa ini menyampaikan prestasi belajarnya yang membanggkan dengan IP 3,83.

 

 

Mahasiswa kakak beradik yang ayahnya hanya tukang bakso dan ibunya tukang jamu, juga mampu menunjukkan prestasi belajar yang baik. Meskipun keluarga ini hidup di rumah kontrakan dengan kondisi yang sempit dan tidak ada ruangan bersekat, semangat belajar mereka tetap tinggi.

 

Danang Rahmaji (20), mahasiswa semester lima jurusan Akutansi Universitas Sam Ratulangi, memiliki IPK 3,71. Dia penerima beasiswa mapalus, semacam beasiswa bidik misi dari Universitas Sam Ratulangi.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com