Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, UGM Targetkan 1.000 Proposal Kreativitas Mahasiswa

Kompas.com - 30/09/2011, 10:51 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menargetkan mengirimkan sebanyak 1.000 proposal dalam Program Kreativitas Mahasiswa pada 2012. Pada tahun 2011 ini, jumlah proposal hanya 936.

"Target itu dicanangkan karena pada tahun ini jumlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Gadjah Mada (UGM) lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa perguruan tinggi lain," kata Direktur Kemahasiswaan UGM Haryanto di Yogyakarta, Jumat (30/9/2011).

Meski UGM hanya mengirimkan 936 proposal PKM pada tahun ini, sebanyak 39 proposal di antaranya berhasil lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV di Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan demikian, pada ajang Pimnas XXIV tersebut UGM menjadi tim terbesar.

Menurut Haryanto, UGM akhirnya menjadi juara umum Pimnas XXIV, dan prestasi tersebut diharapkan dapat dipertahankan pada 2012. Oleh karena itu, katanya, sejumlah aturan main dalam pembuatan proposal PKM perlu diperhatikan mahasiswa secara sungguh-sungguh.

"Hal itu penting karena persaingan dalam PKM semakin ketat. Apalagi, UGM telah lama mencanangkan semboyan ’Tradisi Prestasi Tiada Henti’ sehingga mahasiswa diharapkan selalu berjuang dan bekerja keras agar prestasi yang pernah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan," katanya.

Ia mengatakan, PKM diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dalam menunjukkan kreativitasnya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan kualitas mahasiswa.

"Mahasiswa kelak diharapkan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian yang mampu memperkaya budaya nasional," katanya.

Menurut dia, ada enam jenis PKM yang biasa dilaksanakan setiap tahun, yakni PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Gagasan Tertulis (PKMGT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKMAI).

"Pada tahun ini ada PKM baru, yakni PKM Karya Cipta (PKMKC) yang bertujuan menghasilkan karya cipta dalam bentuk prototipe, baik teknologi maupun nonteknologi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com