Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

UI Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Kompas.com - 03/10/2011, 22:23 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia bersama perwakilan JICA dan Kementerian Pendidikan Nasional, meresmikan pemancangan tiang pertama pembangunan bangunan fakultas-fakultas rumpun Ilmu kesehatan yang menjadi bagian dari kompleks Rumah Sakit (RS) Pendidikan UI.  

"RS Pendidikan ini akan menjadi RS kelas dunia, yang tidak hanya akan menjadi laboratorium raksasa dalam bidang kesehatan, juga menjadi model RS Pendidikan yang berkualitas di tingkat regional bahkan dunia", ujar Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Somantri, dalam siaran pers, Senin (3/10/2011), di Depok.

Luas lantai RS Pendidikan ini sekitar 55.000 meter persegi, terdiri atas empat blok dan diperkirakan menghabiskan biaya Rp 299 miliar. Dana berasal dari pemerintah dan pinjaman dari JICA.

Gedung yang diperkirakan rampung pada Juni 2012 mendatang ini,  secara arsitektural akan tampak cantik, ramah lingkungan, dan fungsional tersebut akan menjadiicon baru UI dalam waktu dekat.  

Gedung itu juga akan digunakan untuk kantor administrasi, ruang perkuliahan terintegrasi, laboratorium dasar bersama, pusat kegiatan riset, dan fungsi penunjang aktivitas dari fakultas-fakultas yang berada di bawah rumpun ilmu kesehatan.

Fasilitas dan sarana yang terdapat di gedung tersebut, dapat pula dinikmati para civitas academica dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Fakultas Psikologi.  

Konsep dasar dari pemanfaatan gedung adalah integrasi akademik dari rumpun ilmu kesehatan, dalam rangka membangun kultur baru yang ditandai kerja sama erat dalam memecahkan masalah kesehatan makro maupun mikro.

Masalah kesehatan makro terkait isu kesehatan masyarakat dan kesehatan pada umumnya yang menuntut mindset baru, yang bersifat holistik dan lintas disiplin, dalam memecahkan permasalahan.

Masalah mikro di bidang kesehatan terkait dengan bagaimana dokter, perawat, ahli farmasi, psikolog, dan sebagainya, saling bekerja sama untuk menangani kasus penyakit tertentu dengan berorientasi pada excellence health care.  

Pembangunan gedung pengajaran, riset, dan administrasi, akan diikuti dengan pembangunan Rumah Sakit UI di Depok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com