Menteri Kominfo Dijauhkan dari Pemrotes Lomba Robot

Kompas.com - 05/10/2011, 22:58 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi protes yang dilakukan peserta kepada komite juri lomba robot INAICTA di Jakarta Convention Center, Rabu (5/10/2011), membuat panitia gerah. Buktinya, mereka berusaha menjauhkan pemrotes dari Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Nyonya Tri, yang melakukan protes, sempat dihalang-halangi panitia ketika hendak ke depan menemui komite juri yang diketuai oleh Riza M, yang dikenal sebagai pebisnis robot merek Robo-robo. "Saya mau meminta penjelasan komite juri. Silakan kalau mau ditangkap," katanya sambil menangis.

Setelah terjadi adu otot beberapa lama, akhirnya ibu itu sengaja ditutupi dengan kerumunan panitia agar tidak terlihat oleh Tifatul Sembiring. Kemudian, setelah Tifatul pergi, ibu itu diperbolehkan mendekati komite juri yang berada di deretan kursi paling depan.

Penilaian komite juri dinilai tidak fair dan sarat kepentingan bisnisnya sendiri. Misalnya, untuk kategori maze solving tingkat SMP. Komite juri memenangkan peserta yang pada sesi pertama hanya meraih 3 poin. Walau robotnya berhasil mencapai finis, tetapi tidak melalui jalur semestinya. Pada sesi kedua, robotnya malah gagal mencapai finis.

Sementara robot dari tim Melati Sidoarjo, yang pada saat penjurian lapangan meraih poin tertinggi, hanya meraih special award. Padahal, pada sesi pertama meraih poin tertinggi dengan 4 poin dan pada sesi kedua merupakan satu-satunya robot dari 64 peserta yang berhasil masuk finis melalui jalur yang sudah ditetapkan panitia.

Adapun untuk maze solving tingkat SD lebih kacau lagi. Yang menjadi juara adalah peserta yang pada saat pelaksanaan lomba dinyatakan sudah didiskualifikasi oleh dewan juri karena tidak membongkar robotnya sebelum lomba dimulai. Namun, oleh komite juri dinyatakan sebagai juara pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.