37 Gedung Perpustakaan Baru Akan Dibangun

Kompas.com - 06/10/2011, 21:44 WIB
EditorBenny N Joewono

LUBUK SIKAPING, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan membangun 37 gedung perpustakaan baru. "Dari jumlah tersebut, 30 unit perpustakaan SD dan 7 unit perpustakaan untuk SMP," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Khairil Anwar, Kamis (6/10/2011).

Menurut dia, dibangunnya perpustakaan tersebut karena kebutuhan mendesak oleh siswa dan para guru. Perpustakaan baru tersebut akan merangsang minat baca siswa agar lebih kuat.

Selama ini, katanya, perpustakaan di SD dan SMP belum ada, sehingga buku-buku biasanya diletakkan di ruangan majelis guru dan jarang dibaca siswa karena belum ada tempat khusus.

"Dibangunnya perpustakaan tersebut, akan meningkan kualitas dan mutu siswa dalam pembelajaran, wawasan para siswa dengan banyak membaca akan bertambah luas," katanya.

Dia menjelaskan, kebiasaan membaca bagi siswa saat ini sangat kurang. Hal tersebut bukan disebabkan kekurangan buku, namun belum ada ruangan yang nyaman untuk membaca.

"Hal ini mengakibatkan para siswa malas membaca, sehingga pengetahuan siswa tidak berkembang, budi pekerti pun masih perlu diperbaiki," katanya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman juga membangun 83 unit Ruang Kelas Baru (RKB) untuk SD dan untuk SMP sebanyak 4 RKB pada 2011. Ruang kelas tersebut untuk menambah ruang kelas yang ada saat ini karena jumlah murid sangat banyak sehingga diperlukan ruang belajar baru.

"Pembangunan RKB dan perpustakaan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman yang telah jelas alokasi penggunaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.