Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

37 Gedung Perpustakaan Baru Akan Dibangun

Kompas.com - 06/10/2011, 21:44 WIB

LUBUK SIKAPING, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan membangun 37 gedung perpustakaan baru. "Dari jumlah tersebut, 30 unit perpustakaan SD dan 7 unit perpustakaan untuk SMP," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Khairil Anwar, Kamis (6/10/2011).

Menurut dia, dibangunnya perpustakaan tersebut karena kebutuhan mendesak oleh siswa dan para guru. Perpustakaan baru tersebut akan merangsang minat baca siswa agar lebih kuat.

Selama ini, katanya, perpustakaan di SD dan SMP belum ada, sehingga buku-buku biasanya diletakkan di ruangan majelis guru dan jarang dibaca siswa karena belum ada tempat khusus.

"Dibangunnya perpustakaan tersebut, akan meningkan kualitas dan mutu siswa dalam pembelajaran, wawasan para siswa dengan banyak membaca akan bertambah luas," katanya.

Dia menjelaskan, kebiasaan membaca bagi siswa saat ini sangat kurang. Hal tersebut bukan disebabkan kekurangan buku, namun belum ada ruangan yang nyaman untuk membaca.

"Hal ini mengakibatkan para siswa malas membaca, sehingga pengetahuan siswa tidak berkembang, budi pekerti pun masih perlu diperbaiki," katanya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman juga membangun 83 unit Ruang Kelas Baru (RKB) untuk SD dan untuk SMP sebanyak 4 RKB pada 2011. Ruang kelas tersebut untuk menambah ruang kelas yang ada saat ini karena jumlah murid sangat banyak sehingga diperlukan ruang belajar baru.

"Pembangunan RKB dan perpustakaan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman yang telah jelas alokasi penggunaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com