Mochtar Buchori Meninggal Dunia

Kompas.com - 10/10/2011, 02:34 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Tokoh pendidikan, Prof Dr Mochtar Buchori, meninggal dunia dalam usia 85 tahun di Rumah Sakit dr Suyoto, Jalan Veteran, Jakarta, Minggu (9/10), sekitar pukul 19.30. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka, Puri Bintaro PB 8 Nomor 29, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan. Menurut rencana, jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Senin (10/10) siang.

Mochtar yang dilahirkan di Yogyakarta, 9 Desember 1926, dikenal sebagai penulis buku dan artikel-artikel pendidikan yang kritis dan produktif. Lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat, pada 1975 ini pernah menjadi Pembantu Rektor IKIP Bandung (1964-1965), Direktur Pusat Latihan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia (1976- 1977), dan Lektor Kepala Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Semarang (1978-1980). Ia juga menjadi Rektor IKIP Muhammadiyah Jakarta (1991-1995).

Di bidang politik, Mochtar pernah menjadi Wakil Ketua Balitbang PDI-P (1994) dan anggota DPR dari PDI-P (1999- 2004).

Almarhum meninggalkan seorang istri, Soemanah, dan lima orang anak. Menurut salah seorang anaknya, Bintarti, Jumat, almarhum di rumah sempat berdiskusi dengan Romo Baskoro soal keputusan Mahkamah Konstitusi yang mewajibkan pemerintah membantu sekolah swasta. Hari Sabtu almarhum terserang diare. ”Minggu sekitar pukul 18.00 sempat minta teh, tapi muntah lagi. Saat dibawa ke rumah sakit, Bapak meninggal,” katanya. (THY)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.