Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Siswa SMP Surabaya Juara Kompetisi Robot Nasional

Kompas.com - 10/10/2011, 14:18 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua siswa SMPN 1 Surabaya, Qonita dan Rizky Elzandi Barik, berhasil mengukir prestasi nasional. Satu tim yang dikirim SMPN 1 ini meraih juara satu dan berhak atas medali emas dalam kompetisi robot tingkat nasional.

Kompetisi robot yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi tingkat pelajar itu diikuti oleh seluruh pelajar seluruh Indonesia. Dua bocah SMP ini berhak atas Indonesia ICT Award (Information communication and Technology).

Mereka mnyisihkan 56 peserta lain kategori SMP Maze Solving Robot. Robot yang dirakit Qonita dan Rizky ini berhasil menjadi yang tercepat melewati lintasan khusus sepanjang kurang lebih lima meter. Jarak waktu di lintasan hanya ditempuh dalam waktu 85 detik.

“Saya bangga karena robot yang saya rangkai sendiri bersama Rizky mengalahkan robot karya pelajar SMP seluruh Indonesia,” ujar Qonita, saat ditemui di sekolahnya, Senin (10/10/2011).

Untuk merakit, Qonita dan Rizky mengumpulkan uang bersama yang berjumlah Rp 1 juta untuk membiayai pembuatan robot beroda dua itu. Atas prestasi ini, tim dari SMPN 1 Surabaya ini berhak mendapat hadiah uang tunai Rp 10 juta dan sejumlah piagam dan sertifikat.

“Saya juga bangga bisa bersalaman langsung dengan Pak Menkominfo Tifatul Sembiring,” tambah Rizky.

Robot karya Qonita dan Rizky diberi nama Buroq. Rizky menceritakan, setiap hari Kamis mereka gunakan secara khusus untuk merangkai robot. Robot yang dikendalikan dengan line tracer atau sensor garis itu dirangkai bersama pembimbing.

“Mas Aziz (dari PENS ITS) yang mengarahkan. Yang merangkai dan memasang setiap komponen kita. Ya satu bulan terakhir paling intensif,” karya Qonita.

Dengan prestasi yang diraihnya, Qonita dan Rizky akan menjadi wakil Indonesia dalam olimpiade robot internasional pada Desember mendatang.

“Kami selalu dorong anak-anak all out. Hasilnya bisa mengharumkan Surabaya di mata nasional. Apalagi jadi wakil Indonesia,” kata Kepala SMPN 1 Surabaya, Muchtar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com