Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Pendidikan Jepang

Kompas.com - 10/10/2011, 19:15 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak 17 institusi pendidikan Jepang mulai dari lembaga kursus, sekolah, hingga perguruan tinggi, bakal menyemarakkan pameran pendidikan Japan Education Fair in Indonesia (JEFI). Pameran pendidikan Jepang kali ini diselenggarakan oleh Pandan International pada Minggu (16/10/2011) mulai pukul 11.00 WIB di Hotel Nikko Jakarta.

 

Richard Susilo dari Pandan College, Senin (10/10/2011), menjelaskan bahwa pameran pendidikan Jepang di Indonesia ini untuk menjalin kerja sama dan persahabatan yang lebih erat Indonesia-Jepang pada saat ini dan di masa mendatang.

Peserta JEFI, antara lain Tokyo Gaigogakuen Nihongogakko, Trident College of Languages and Hotel, Japanese Department, Kasuga Japanese Language Academy, The Yamasa Institute, Kansai Kokusai Gakuin, dan Aiwa Language School Japanese Language Course.

Dalam kesempatan pameran juga bakal diisi dengan acara penyusunan rangkaian 110.311 origami, sebagai bentuk dukungan Care for Japan --program pemulihan dampak gempa bumi dan tsunami di Jepang-- kepada Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Program ini digagas oleh Komunitas Origami Indonesia dan Sanggar Origami Indonesia.

 

Rangkaian origami burung terbanyak sejumlah 110.311 dalam satu bingkai ini melambangkan tanggal 11 bulan 03 dan tahun 2011, menandakan waktu terjadinya gempa bumi dan  tsunami yang terjadi di negeri asal seni melipat kertas (origami) ini. Pembuatan 110.311 origami burung ini telah selesai dibuat oleh masyarakat di beberapa kota di Tanah Air, baik anak-anak, remaja, mahasiswa, pekerja dan ibu rumah tangga sebanyak 4.413 orang yang dilakukan sejak Maret hingga Juni 2011 dalam rangkaian Hari Anak Nasional.

Saat ini origami tersebut sudah selesai dirangkai dalam bentuk kumpulan puzzle yang kemudian akan disusun dalam satu bingkai menjadi sebuah karya seni yang indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com