Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Politeknik Buka Program Doktor Terapan

Kompas.com - 10/10/2011, 21:28 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Politeknik di Indonesia bakal diberi peluang untuk membuka layanan pendidikan di jenjang master dan doktor terapan. Selama ini,  politeknik menawarkan pendidikan vokasi hingga jenjang diploma empat (D-4) atau sarjana sains terapan yang sama dengan S-1 pendidikan tinggi akademik.

Pelaksanaan program master dan doktor terapan di politeknik masih menunggu payung hukum Undang-Undang Perguruan Tinggi yang sampai saat ini masih digodok pemerintah dan DPR.

Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, di Jakarta, Senin (10/10/2011), mengatakan, pendidikan tinggi vokasi harus diperkuat untuk mendukung pertumbahan ekonomi dan industri Indonesia.

Dalam Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang tengah dibahas di DPR, pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik diberi peluang untuk membuka program master dan doktor terapan.

Jika sudah ada payung hukumnya, tentu pemerintah akan menyiapkan politeknik yang memenuhi syarat untuk membuka program master hingga doktor terapan.

"Terutama nantinya untuk memenuhi kebutuhan tenaga dan ahli profesional di bidang sains, teknik, dan pertanian," ujar Djoko.

Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan industri di Indonesia, perlu pendidikan tinggi vokasi yang kuat.

Pendidikan tinggi terapan hingga jenjang tertinggi, yakni doktor, harus dibuka supaya banyak riset terapan yang sesuai kebutuhan industri.

Indonesia yang mengakui pendidikan tinggi vokasi dan akademik memang sudah seharusnya mendukung kemajuan pendidikan tinggi vokasi hingga jenjang doktor.

"Jika kita punya banyak doktor terapan, kontribusi pada riset-riset terapan yang dibutuhkan industri juga seharusnya semakin banyak dan kuat," kata Bambang.

Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia) Jakarta yang masih memiliki program hingga diploma tiga lahir untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif yang pesat.

PoliMedia merupakan pengembangan dari Pusat Grafika Indonesia atau Pusgrafin yang telah memiliki reputasi yang baik dalam pengembangan dan pembinaan industri penerbitan dan grafika nasional. Institusi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi inovasi dalam perkembangan era baru masyarakat modern di Indonesia.

Saat ini, ada sekitar 30 politeknik milik pemerintah di seluruh Indonesia. Politkenik membuka program diploma satu hingga tiga serta diploma empat atau sama dengan strata satu pendidikan tinggi akademik. Program D-4 bergelar sarjana sains terapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com