Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Gelar Research Week 2011

Kompas.com - 11/10/2011, 09:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menggelar Open Campus and Innovation Expo yang merupakan rangkaian UGM Research Week 2011 di Gedung Grha Sabha Pramana, Kompleks Kampus UGM,  Yogyakarta, pada 11-15 Oktober 2011. Ketua Panitia UGM Research Week 2011 Ambar Pertiwiningrum mengatakan, kegiatan ini akan menampilkan penelitian terbaik yang dilakukan mahasiswa dan dosen di kampus tersebut.

"Kegiatan itu menampilkan hasil penelitian terbaik mahasiswa dan dosen di UGM, unit kegiatan mahasiswa, mitra, karya siswa SMK terbaik, produk unggulan daerah, dan festival kuliner," kata Ambar, Senin (10/10/2011), di Yogyakarta.

Ia menjelaskan, pameran riset tersebut sebagai bagian pembuktian bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan barometer ilmu pengetahuan di Indonesia. Dengan ratusan perguruan tinggi yang ada di DIY, seharusnya menghasilkan banyak temuan riset yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Pameran riset ini juga bertujuan untuk menumbuhkan budaya penelitian di kalangan siswa. Kami ingin menumbuhkan budaya riset di kalangan siswa SD hingga SMA sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan industri kreatif di DIY," katanya.

Wakil Rektor Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha UGM Toni Atyanto Dharoko mengatakan, UGM Research Week 2011 dikemas spesial dan dilakukan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-62 universitas negeri tertua di Indonesia ini.

"Meskipun rutin digelar setiap tahun, kegiatan itu sebagai bagian dari pertanggungjawaban UGM terhadap sejumlah capaian yang dihasilkan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UGM membuka "jendelanya" setiap tahun sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung hasil capaiannya," tutur Toni.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-62 UGM Edy Meiyanto mengatakan, kegiatan di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan, di antaranya, melakukan pemantauan serta penataan tempat kos dan warung makan yang ada di sekitar area UGM.

"Kami perlu memastikan lingkungan tempat tinggal mahasiswa yang sehat dan nyaman, terutama tempat kos dan warung makan dalam radius 2 kilometer dari kampus UGM," ujar Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com