Pesan JK untuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2011, 12:32 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu kunci untuk menuntaskan kemiskinan dan pengangguran terletak pada peningkatan pendidikan bagi sumber daya manusia di Indonesia. Oleh karena itu, perguruan tinggi berperan penting dalam pengentasan rakyat dari kemiskinan dan kesejahteraan rakyat serta menurunkan angka pengangguran.

Demikian diungkapkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda Universitas Nasional di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Menurut Kalla, perguruan tinggi harus juga mampu memahami masyarakat lebih baik, dan memiliki kemampuan untuk memberdayakan masyarakat miskin.

"Kurikulum pendidikan perlu memasukkan unsur sosial, budaya, dan lingkungan alam dalam pembelajaran, serta hal yang sifatnya experimental learning, kehidupan yang bercirikan kemiskinan, agar dapat mengasah kepekaan, serta menemukan formula yang tepat untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan rakyat," ujar Kalla.

Terkait dengan itu, tambah dia, perguruan tinggi memiliki perang penting dalam hal teknologi. Teknologi dalam perguruan tinggi dapat meningkatkan produkvitas sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan baik dalam dunia pekerjaan.

"Dengan adanya teknologi dan ilmu pengetahuan, pasti kemiskinan itu dapat kita selesaikan. Selain itu dibutuhkan juga kerja keras yang baik," kata Kalla.

Oleh karena itu, lanjut Kalla, dengan pemahaman tersebut, perguruan tinggi diharapkan dapat semakin menunjukkan eksistensi, lewat karya-karyanya di tengah masyarakat. Tanpa pendidikan yang memadai akan sulit bagi masyarakat, khususnya masyarakat miskin, untuk bersaing dalam dunia pekerjaan ke depannya.

"Jadi, dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi itu tidak dapat dijadikan indikator tunggal untuk menyatakan adanya perbaikan kesejahteraan rakyat. Banyak faktor lainnya, salah satunya lewat pendidikan," kata Kalla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.