Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaum Muda Kadang Belum Tahu Mau Usaha Apa

Kompas.com - 11/10/2011, 13:54 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Yayasan Purba Danarta, Teti Suhendro, menuturkan, sering kali masyarakat yang menganggur, khususnya kaum muda dengan rentang usia 17-29 , kesulitan untuk mengetahui mau memulai usaha apa dan bagaimana caranya. Karena itu, yayasan ini pun gencar memberikan pelatihan terkait hal itu.

"Sebenarnya yang dilihat (di lapangan selama ini bahwa) mereka mau usaha apa, bagaimana perhitungannya, (dan) mulai usaha dari mana," ujar Teti kepada Kompas.com, di sela-sela acara peluncuran Youth Economic Empowerment (YEE) yang diselenggarakan Plan Indonesia, di Jakarta, Selasa (11/10/2011). Masalah ini sering kali berkaitan dengan tingkat pendidikan dari para pengangguran. Oleh karena itu, yayasan yang berdomisili di Semarang ini pun melakukan upaya pendekatan langsung dan tidak langsung.

Kalau langsung, maka yayasan akan memberikan pelatihan kewirausahaan dan hal-hal yang terkait dengannya kepada masyarakat yang menganggur. Namun, pendekatan tidak langsung berarti yayasan melakukan edukasi kepada kepada staf lembaga keuangan mikro yang nantinya akan mendampingi masyarakat.

Memang, ujarnya, pembiayaan usaha mikro masih sulit dengan administrasi persyaratan yang memang rumit. Hanya koperasi yang persyaratannya cukup mudah ketimbang bank perkreditan rakyat ataupun bank umum sekalipun. "Sebenarnya, syaratnya pasti rumit kalau bicara perbankan," tambah Teti yang yayasannya merupakan salah satu mitra dari Plan Indonesia dalam program YEE.

Jadi, tambah Teti, tidak hanya sebatas pelatihan mengenai kewirausahaan saja. Pengetahuan seputar kartu kredit dan asuransi juga akan diberikan. "(Seperti) asuransi pentingnya bagaimana, kapan dibutuhkan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com