Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara UKSW Raih Emas di Italia

Kompas.com - 14/10/2011, 18:34 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Satya Wacana Vocal Consort (SWVC) berhasil meraih emas, dalam ajang Rimini International Choral Competition  (RICC) di Italia untuk kategori Folklore dan Gospel. Paduan suara itu juga berhasil mengantongi perak untuk kategori Musica Sacra (klasik).

RICC berlangsung di Rimini, Italia pada 6-9 Oktober 2011 lalu di Theatre Novelli.

"Puji Tuhan, paduan suara kami telah diberi kesempatan untuk memuji Tuhan di benua Eropa, dan mereka membuktikan bahwa mereka dihormati dengan meraih emas dan perak. Mereka sudah membawa nama universitas ini mewakili civitas UKSW dan alumninya, untuk dikenal oleh masyarakat eropa," kata Rektor UKSW, John A Titaley.

Tahun 2007 yang lalu, paduan suara UKSW juga berhasil mencetak prestasi dengan meraih emas untuk kategori folklore threatrical, dalam ajang The 23rd Takarazuka International Chamber Chorus Contest di Jepang.

RICC merupakan kompetisi paduan suara internasional yang diikuti kelompok paduan suara dari sejumlah negara, seperti Argentina, Bulgaria, Rusia, Yunani, Meksiko, Slovenia, Filipina, Polandia, Macedonia, Estonia, Kroasia, serta tuan rumah Italia.

"Bisa mengikuti kompetisi ini juga merupakan suatu kebanggaan karena seleksi dilakukan sejak awal, dan SWVC menjadi salah satu yang lolos seleksi dari Indonesia," kata Pembantu Rektor III UKSW Yafet YW Rissy.

Dalam RICC, SWVC mengikuti 2 kategori, dengan 4 lagu yang ditampilkan untuk setiap kategori. Lagu yang ditampilkan di kategori Folklore dan Gospel antara lain adalah Kyrie (from Missa Brevis) dengan arranger Dietrich Buxtehude dan Vade Retro, Satana! dengan arranger Poedji Soesila.

Di kategori Musica Sacra (Classic) lagu yang ditampilkan antara lain Two Batavian Folksong dengan arranger Agastya Rama Listya dan Ain't A That Good News dengan arranger Moses Hogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com