Paduan Suara UKSW Raih Emas di Italia

Kompas.com - 14/10/2011, 18:34 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SALATIGA, KOMPAS.com - Satya Wacana Vocal Consort (SWVC) berhasil meraih emas, dalam ajang Rimini International Choral Competition  (RICC) di Italia untuk kategori Folklore dan Gospel. Paduan suara itu juga berhasil mengantongi perak untuk kategori Musica Sacra (klasik).

RICC berlangsung di Rimini, Italia pada 6-9 Oktober 2011 lalu di Theatre Novelli.

"Puji Tuhan, paduan suara kami telah diberi kesempatan untuk memuji Tuhan di benua Eropa, dan mereka membuktikan bahwa mereka dihormati dengan meraih emas dan perak. Mereka sudah membawa nama universitas ini mewakili civitas UKSW dan alumninya, untuk dikenal oleh masyarakat eropa," kata Rektor UKSW, John A Titaley.

Tahun 2007 yang lalu, paduan suara UKSW juga berhasil mencetak prestasi dengan meraih emas untuk kategori folklore threatrical, dalam ajang The 23rd Takarazuka International Chamber Chorus Contest di Jepang.

RICC merupakan kompetisi paduan suara internasional yang diikuti kelompok paduan suara dari sejumlah negara, seperti Argentina, Bulgaria, Rusia, Yunani, Meksiko, Slovenia, Filipina, Polandia, Macedonia, Estonia, Kroasia, serta tuan rumah Italia.

"Bisa mengikuti kompetisi ini juga merupakan suatu kebanggaan karena seleksi dilakukan sejak awal, dan SWVC menjadi salah satu yang lolos seleksi dari Indonesia," kata Pembantu Rektor III UKSW Yafet YW Rissy.

Dalam RICC, SWVC mengikuti 2 kategori, dengan 4 lagu yang ditampilkan untuk setiap kategori. Lagu yang ditampilkan di kategori Folklore dan Gospel antara lain adalah Kyrie (from Missa Brevis) dengan arranger Dietrich Buxtehude dan Vade Retro, Satana! dengan arranger Poedji Soesila.

Di kategori Musica Sacra (Classic) lagu yang ditampilkan antara lain Two Batavian Folksong dengan arranger Agastya Rama Listya dan Ain't A That Good News dengan arranger Moses Hogan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.