Pelesir di Tengah Rindangnya Kampus UI - Kompas.com

Pelesir di Tengah Rindangnya Kampus UI

Kompas.com - 25/10/2011, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana rasanya belajar di lingkungan hijau yang nyaman? Mungkin suasana seperti itu bisa Anda temui di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI). Tidak hanya nyaman untuk belajar, kampus yang juga berfungsi sebagai hutan kota ini bisa menjadi destinasi wisata menarik. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi saat datang ke UI.

Danau UI. Kampus Universitas Indonesia di wilayah Depok memiliki luas sekitar 300 hektar. Area seluas 130 hektar masih dibiarkan sebagai hutan kota dan wilayah perairan alami. Tata ruang hijau di kampus UI membuat suasana hijau dan sejuk yang bisa dinikmati sebagai potensi wisata alam.

Tidak hanya keberadaan hutan kota, UI memiliki enam danau buatan sebagai daerah resapan air. Danau tersebut adalah Danau Kenanga, Danau Aghatis, Danau Mahoni, Danau Ulin, Danau Puspa, dan Danau Salam.

Saat hari Sabtu dan Minggu biasanya banyak pengunjung dari masyarakat umum yang menjadikan danau sebagai tempat rekreasi. Banyak yang membawa keluarga untuk piknik di sekitar Danau Kenanga, yang letaknya ada di dekat rektorat UI.

Jembatan Teksas. Jika Anda berkunjung ke UI, jangan lupa untuk mampir ke Jembatan Teksas yang berada tepat di atas Danau Mahoni. Jembatan ini menghubungkan Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya), makanya jembatan tersebut diberi nama Teksas atau Teknik-Sastra.

Uniknya, bangunan dengan dominasi warna merah ini mempunyai ujung jembatan dengan dua bentuk berbeda. Di sisi Fakultas Teknik, berbentuk pilon Lingga yang menggambarkan sisi maskulin ilmu IPTEK yaitu hard science.

Sementara di sisi Fakultas Ilmu Budaya berbentuk pilon Yoni menggambarkan sisi feminin ilmu sosial yang bersifat soft science. Saat malam hari, Jembatan Teksas akan terlihat indah karena kilauan cahaya yang terpancar dari jembatan berpadu dengan pantulan sinar dari danau.

Jalur  Sepeda UI. Bagi Anda yang ingin berwisata sambil berolahraga, Anda bisa memanfaatkan jalur sepeda di kampus UI untuk berkeliling sambil menikmati keindahan alam di dalam kampus. Pihak universitas telah menyediakan jalur sepeda mengelilingi UI yang terpisah dari jalur untuk mobil maupun pejalan kaki. Anda bisa bersepeda santai bersama keluarga sambil menikmati tata ruang kampus ini.

Kuliner Mang Engking. Destinasi wisata harus selalu ditunjang dengan urusan memanjakan lidah, Anda bisa mampir ke Gubug Makan Mang Engking di tepi Danau Salam UI. Suasananya nyaman untuk bersantai dengan keluarga karena konsepnya berupa saung-saung di atas danau. Restoran ini menyajikan kuliner khas Sunda dengan harga yang cukup terjangkau.

Wisata MICE. Kampus UI juga berpotensi untuk menjadi destinasi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) karena menyediakan beberapa tempat memadai seperti Balairung UI, Balai Sidang, Perpustakaan Pusat, dan Pusat Studi Jepang.

Perpustakaan Modern UI. Universitas Indonesia kini memiliki perpustakaan kampus yang cukup megah yang diklaim sebagai perpustakaan kampus terbesar di Asia. Perpustakaan yang disebut sebagai "The Crystal Knowledge" ini memiliki bangunan setinggi 8 lantai.

Desain ruang perpustakaan ini berkonsep minimalis dan modern, dinding kacanya juga membuat ruangan di dalam perpustakaan mendapat pencahayaan alami. Tidak hanya itu, di halaman perpustakaan terdapat ruang hijau terbuka yang ditata sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Danau UI.

Sebagai pusat kegiatan mahasiswa, perpustakaan UI dilengkapi dengan multimedia room yang menggunakan produk komputer terbaru, kafetaria, toko buku, studio musik, cinema, dan ruang baca yang nyaman. Perpustakaan yang terletak di tepi Danau Kenangan ini memiliki koleksi 2,5 juta buku fisik, selain itu UI juga menyediakan koleksi online database internasional terbesar di Indonesia.


Editorkadek

Terkini Lainnya


Close Ads X