Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan Tunjangan Sertifikasi Dibayarkan

Kompas.com - 28/10/2011, 04:16 WIB

Jakarta, Kompas - Kekurangan pembayaran tunjangan sertifikasi guru akan dibayarkan pemerintah paling lambat akhir tahun ini. Para guru yang menerima tunjangan sertifikasi saat ini umumnya tidak mendapatkan pembayaran gaji pokok terbaru tahun 2011 yang naik.

”Anggaran untuk membayar kekurangan tunjangan sertifikasi guru sudah disetujui di APBN-P. Pencairannya sebelum akhir tahun,” kata Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Kamis (27/10).

Syawal menambahkan, pembayaran kekurangan guru ada yang lewat transfer langsung ke rekening guru. Ada juga yang lewat pemerintah daerah.

Sementara itu, guru-guru di Kota Bandung mendapat perintah untuk membuka rekening baru yang direkomendasikan pemerintah, yakni di BRI dan Bank Mandiri, secepatnya. Padahal, banyak guru yang selama ini menerima pembayaran tunjangan sertifikasi dari Bank Jabar atau bank di luar yang direkomendasikan pemerintah pusat.

”Ada faksimile yang dikirim ke sekolah supaya guru-guru yang disertifikasi segera membuka rekening baru. Permintaan itu dari Kemdikbud langsung,” ujar Iwan Hermawan, guru SMA di Bandung, sekaligus Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia.

Hartono, Kepala SMAN 12, Bandung, mengatakan, sekolahnya dikunjungi petugas Bank Mandiri. Para guru penerima tunjangan sertifikasi diminta untuk segera membuka rekening Bank Mandiri yang dekat dengan sekolah.

”Sebenarnya saya sudah punya yang dekat rumah. Tetapi, petugas bilang harus yang dekat sekolah,” ujar Hartono. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com