Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Olimpiade Sains Pendidikan Tinggi Merata

Kompas.com - 04/11/2011, 22:34 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2011 untuk tingkat perguruan tinggi, dinilai lebih merata. Sebanyak 24 pemenang di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi tidak lagi didominasi mahasiswa dari Pulau Jawa, tetapi juga diraih mahasiswa luar Pulau Jawa.

Demikian disampaikan pejabat sementara Corporate Secretary Pertamina, M Harun, dalam malam grand final OSN Pertamina 2011 di Jakarta, Jumat (4/11/2011).

Hadir juga dalam acara ini Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Pelaksana Harian Rektor Universitas Indonesia M Anis, dan Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Rukmi Hadihartini.

Harun mengatakan, sebanyak 24 pemenang diseleksi dari 132 mahasiswa yang lolos di tingkat provinsi. Pada tahun ini, pendaftar berjumlah 16.565 mahasiswa dari 33 provinsi.

Pertamina menyediakan dana sebesar Rp 3,2 miliar. Dana ini untuk beasiswa dan hadiah lain bagi pemenang, serta dana pembinaan bagi perguruan tinggi yang mahasiswanya termasuk juara nasional.

Pemenang tahun ini dibagi dalam dua kategori yakni the best presenter (kualitas penyajian) dan the best theory. Tiap bidang dipilih tiga pemenang.

Untuk kategori best presenter bidang kimia diraih Ade Agus Hidayat (Universitas Syah Kuala), matematika ( Salwa Nursyahida, Universitas Pendidikan Indonesia), biologi (Andreas Binar Aji, Universitas Kristen Satwawacana, Jawa Tengah), dan fisika (Chalis Setyadi, Universitas Gadjah Mada).

Juara the best theory: biologi (Ardiantiono, Universitas Indonesia), Kimia (Irkham, Universitas Indonesia), fisika (I Gede Ariana, Universitas Pendidikan Ganesha), matematika (Bernard Immanuel, Universitas Indonesia).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com