Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Belajar 18.000 Siswa Langsung Lumpuh

Kompas.com - 05/11/2011, 03:10 WIB

Painan, Kompas - Sekitar 18.000 siswa di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, hingga Jumat (4/11) dipastikan tidak bisa belajar menyusul air bah yang melanda daerah itu sehari sebelumnya. Banjir juga meninggalkan lumpur setinggi 40 sentimeter serta mengakibatkan sedikitnya 35 gedung sekolah rusak dan 10.219 rumah warga terendam.

Asisten II Pemkab Pesisir Selatan Desri saat dihubungi pada Jumat mengatakan, puluhan bangunan sekolah jenjang SD, SMP, hingga SMA terendam air rata-rata setinggi 1 meter. Dibutuhkan waktu untuk menunggu susutnya air tersebut sekaligus untuk membersihkan lumpur yang menggenangi sekolah.

Ancaman krisis pangan, kata dia, juga mengintai menyusul rusaknya 450 hektar sawah dan 11.163 hektar areal tanaman palawija. Apalagi, pasokan bahan bakar juga berpotensi tersendat karena jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Padang-Bengkulu di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan rusak berat.

”Kami hanya punya satu jalan poros karena jalan alternatif tidak bisa dilalui truk,” kata Desri.

Seperti diberitakan, putusnya jalur transportasi Padang-Bengkulu di Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, itu disebabkan terjangan air bah pada Kamis. Mengenai enam warga yang hilang sejak banjir melanda, Desri mengatakan, hingga Jumat siang belum juga ditemukan. Upaya pencarian keenam korban yang diduga hilang karena diseret banjir masih terus berlangsung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pesisir Selatan Ichsanusataruddin menyebutkan, perbaikan jalan lintas Sumatera yang hancur di kawasan Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, butuh waktu lebih dari tiga bulan.

”Jalan alternatif hanya bisa dilewati sepeda motor atau mobil penggerak empat roda. Untuk kendaraan lain, arus lalu lintas harus dialihkan lewat Kabupaten Solok Selatan,” kata Ichsan.

Sementara itu, dari sekitar 52.000 warga yang sebelumnya mengungsi, sebagian besar mulai kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan pembersihan. ”Sekarang tinggal 5.000 pengungsi yang bertahan di rumah-rumah tetangga, tempat ibadah, dan sekolah,” kata Desri.

Masih terkurung

Hingga Jumat siang, masih terdapat sejumlah titik di Kecamatan Lunang Silaut dan Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, yang warganya terisolasi. Desri mengatakan, titik yang terkurung itu masing-masing di kawasan Silaut 5 dan 6 yang berada di Kecamatan Lunang Silaut dengan 2.500 penduduk serta areal perkebunan kelapa sawit PT Incasi Raya di wilayah Kecamatan Lunang Silaut dan Kecamatan Pancung Soal. ”Ada sekitar 850 karyawan perkebunan di sana,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com