Buku Sekolah Sangat Minim

Kompas.com - 06/11/2011, 17:22 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Sekolah-sekolah di perbatasan Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur, kekurangan buku bacaan, pengetahuan umum, dan pelajaran. Perpustakaan pun tidak bisa optimal.

Demikian dikatakan Hetifah Sjaifudian, anggota Komisi X DPR dari Fraksi Golkar, dalam jumpa pers di Balikpapan, Minggu (6/11/2011) sore. Ia memaparkan hasil kunjungannya ke sejumlah sekolah di Kabupaten Nunukan yang berbatasan dengan Sabah, Malaysia.

Sekolah yang dikunjungi antara lain SDN 007 Krayan, SDN 017 Krayan, SDN 018 Krayan, SDN 010 Krayan, SMPN 1 Krayan, SMPN 2 Krayan, SMPN 4 Krayan, SMKN 1 Krayan, dan SMAN 1 Krayan. Selain itu juga SMKN 1 Sebatik Barat, SDN 003 Sebatik, SDN 006 Sebatik, SDN 008 Sebatik, dan SMPN 1 Sebatik.

Koleksi buku di perpustakaan sekolah-sekolah itu sangat sedikit. Koleksi perpustakaan yang paling baik hanya di SDN 008 Sebatik, yang ruangan perpustakannya malah paling jelek karena hanya bangunan kayu sederhana. "Itu saja koleksinya masih minim, belum sampai ratusan. Idealnya satu sekolah minimal punya 3.000 judul," kata Hetifah.

Buku pelajaran di perpustakaan SMAN 1 Krayan, misalnya, hanya buku Kurikulum 1984. Di sekolah itu, yang punya buku pegangan pelajaran hanya guru-guru. Banyak faktor di balik itu, seperti ongkos kirim buku yang mahal dan sekolah tak mampu mengusahakan buku sendiri. Dinas pendidikan setempat dilihat Hetifah kurang proaktif.

"Anehnya, urusan buku sulit dan minim, tapi mi instan terdistribusi merata," kata Hetifah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.