Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, LIPI Targetkan 100 Besar "World Research Center"

Kompas.com - 07/11/2011, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lukman Hakim mengatakan, pihaknya menargetkan masuk dalam 100 besar lembaga riset dunia berdasarkan ranking Web of World Research Centers pada 2012 mendatang. Hal itu dikatakan Lukman, Senin (7/11/2011), dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

"Kita targetkan masuk 100 besar tahun mendatang, setelah sebelumnya mengalami lompatan menjadi nomer 174" kata lukman.

Ia mengungkapkan, berdasarkan ranking Web of World Research Centre, dari 4000 lembaga di dunia yang diberi peringkat, LIPI menduduki urutan 174 pada tahun 2011. Sebelumnya, pada 2010 lalu, LIPI berada pada urutan 250.

"Dan ini juga peringkat terbaik lembaga penelitian di Indonesia," katanya.

Lukman menambahkan, ada empat lembaga penelitian di Indonesia yang masuk dalam 4.000 lembaga riset dunia. Selain LIPI, ada Balitbang Pertanian yang menduduki nomer 446,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi urutan 1.295 dan Balai Bes,ar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan diurutan 1.702.

Ia menambahkan, meski dengan dana yang terbatas, akan tetap mengupayakan hasil yang terbaik. Saat ini, menurut dia, LIPI hanya mendapat dana APBN sekitar Rp 670 miliar. Dari total dana tersebut, 60 persen habis untuk pengeluaran rutin.

Sementara itu, pemberian ranking menurut situs Ranking Web of World Rank Research Centre didasarkan pada keberadaan manfaat web lembaga penelitian, bukan memberikan peringkat lembaga penelitiannya.

Menurut situs itu, web tersebut diukur berdasarkan kinerjanya serta visibilitasnya, dan bukan pada jumlah kunjungan atau desain halaman.

Sementara itu, Ranking Web of World Research Centre dalam situsnya merupakan inisiatif dari Laboratorium Cybermetric, grup penelitian yang dimiliki Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan penelitian publik di Spanyol yang melekat pada Kementerian Pendidikan.

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan penelitian ilmiah untuk meningkatkan kemajuan ilmiah dan teknologi dari negara yang akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com