Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Se-ASEAN Ikuti Olimpiade Ilmu Sosial

Kompas.com - 09/11/2011, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa-siswi SMA dari negara-negara Asia Tenggara akan mengikuti Olimpiade Ilmu Sosial yang diselenggarakan Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Olimpiade yang mengusung tagline "For A Better Us" ini akan dihelat pada 13-18 November 2011, di Kampus UI Depok, Jawa Barat. Sebelumnya, dalam tujuh tahun penyelenggaraan, event ini hanya diikuti oleh para siswa SMA di Indonesia.

Olimpiade ini akan menggelar dua babak paralel secara bersamaan, yaitu nasional dan internasional. Tema yang ditampilkan adalah “Membangun Solidaritas Menuju Komunitas ASEAN 2015” dengan tujuan memperkenalkan ASEAN sebagai entitas yang akan menjadi payung bagi bersatunya bangsa-bangsa di Asia Tenggara menuju sebuah identitas komunitas baru, Komunitas ASEAN.

Babak nasional akan diikuti oleh 30 tim terbaik yang sudah terseleksi melalui Paper Writing Competition yang diadakan dari bulan Juli hingga Oktober 2011. Mayoritas peserta adalah perwakilan provinsi di Indonesia.

Sementara itu, dalam babak internasional, terpilih 10 tim terbaik melalui proses seleksi yang sama, di mana peserta berasal dari sekolah menengah terbaik 10 negara anggota ASEAN.

Perlombaan sendiri terdiri dari tiga babak yaitu penyisihan, semifinal, dan grandfinal. Selain berkompetisi, para peserta juga akan mengikuti kegiatan lainnya, seperti pengabdian masyarakat (community service), konferensi pemuda OIS, dan kunjungan institusi ke Sekretariat ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com