Dana Sertifikasi Guru Segera Cair

Kompas.com - 09/11/2011, 18:37 WIB
EditorBenny N Joewono

AGAM, KOMPAS.com — Dana sertifikasi guru di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sebesar Rp 16 miliar dijadwalkan cair pekan ini.

"Dana itu akan langsung ditransfer ke rekening sebanyak 1.800 guru yang telah lolos sertifikasi di daerah ini dan diminta guru-guru yang teleh bersertifikasi mengecek rekening mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Erwin Umar di Lubukbasung, Rabu (9/11/2011).

Transfer langsung tersebut, menurut dia, agar pihak guru tidak lagi mempersalahkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam karena selama ini mereka menyalahkan instansi itu dalam pencairan tunjangan sertifikasi. "Ini yang sering terjadi setiap tahun, sementara dana sertifikasi tidak pernah masuk ke rekening Disdikpora," ujarnya.

Namun, ia mengakui dana sertifikasi caturwulan dua tahun 2011 masih ada kekurangan satu bulan karena pemerintah pusat hanya mentrasferkan dana sebesar Rp 15 miliar sementara kebutuhan Rp 16,5 miliar.

Untuk mengatasi kekurangan itu, pihaknya telah menyurati Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Mudah-mudahan kekurangan dana ini segera dikirimkan dan dinas bisa mentransfernya kepada para guru," katanya.

Ia berharap guru yang telah bersertifikasi dapat menjalankan tugas sesuai aturan dengan beban mengajar 24 jam setiap minggu dan empat jam per hari. Bagi guru yang tidak mempunyai lokal belajar, mereka dapat mengajar di sekolah-sekolah swasta yang ada.

Untuk kepala sekolah diberi dispensasi mengajar enam jam per minggu, sedangkan wakil kepala sekolah, kepala labor dan kepala pustaka diberikan dispensasi mengajar 12 jam per minggu. "Untuk mengetahui beban tugas mereka akan diawasi oleh tim," ujar Erwin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.