Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan, Pameran Pendidikan Eropa di Dua Kota!

Kompas.com - 10/11/2011, 14:03 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Eropa (UE) kembali menyelenggarakan pameran pendidikan tinggi Eropa atau European Higher Education Fair (EHEF) pada 12-13 November 2011 di Jakarta Convention Centre (JCC), dan di Grand Aston City Hall Hotel, Medan, pada 15 November 2011. Pameran tahun ini merupakan kali ketiga EHEF digelar, setelah sebelumnya event serupa diadakan tahun 2008 dan 2010. 

EHEF merupakan pameran pendidikan Eropa terbesar di Indonesia yang menghadirkan beragam peluang untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas di Eropa kepada pelajar dan profesional di Indonesia.

Tahun ini, EHEF di Jakarta akan diramaikan oleh 96 institusi pendidikan tinggi, 14 dari kedutaan besar beberapa negara Eropa, dan sisanya merupakan perwakilan dari universitas terkemuka di negara-negara Eropa. Negara Eropa yang hadir meramaikan pameran ini adalah Inggris, Belanda, Jerman, Swedia, Hungaria, Irlandia, Spanyol, Belgia, Italia, dan sejumlah negara lainnya.

Julian Wilson, Duta Besar/Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN menyatakan, UE dan negara anggotanya berkomitmen untuk memberikan akses bagi siswa dan para profesional di Indonesia yang ingin melanjutkan peluang studi terbaik yang ada di seluruh wilayah Eropa.

Menurutnya, Eropa selalu menawarkan standar akademis tertinggi, program bergelar internasional yang sangat bervariasi, fasilitas riset terkini, serta budaya yang unik dan peluang berbahasa yang beragam.

"Apapun pilihan studinya, ilmiah atau teknis, seni, bisnis atau ekonomi. Pengunjung dapat memilih berbagai macam program yang ditawarkan universitas di Eropa yang selalu mengaitkan pendidikan dan pelatihan dengan bisnis, industri dan pengalaman magang. Karena di banyak negara di Eropa menawarkan beragam program yang diajarkan dalam bahasa Inggris," kata Wilson, Kamis (10/11/2011), di Jakarta.

Ia menambahkan, UE juga memiliki pendapat yang sama dengan Indonesia bahwa pendidikan berkualitas adalah penggerak utama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan. Setiap tahunnya, UE dan negara anggotanya memberikan peluang beasiswa kepada siswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di universitas-universitas di Eropa.

EHEF 2011 diselenggarakan oleh UE bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia serta didukung oleh British Council (Inggris), CampusFrance (Perancis), Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD-Jerman), dan Nuffic Neso (Belanda).

Para pengunjung EHEF 2011 terbuka untuk umum dan gratis. Penyelenggara berharap, para pengunjung akan mendapatkan akses langsung terhadap informasi mengenai studi di universitas-universitas berkelas dunia di negara-negara Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com