Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Pameran Pendidikan Eropa!

Kompas.com - 12/11/2011, 11:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — European Higher Education Fair (EHEF) 2011 atau Pameran Pendidikan Tinggi Eropa resmi dibuka, Sabtu (12/11/2011), di Jakarta Convention Center. Lebih dari 90 universitas dari sembilan negara Eropa berpartisipasi dalam pameran pendidikan Eropa terbesar di Indonesia ini.

Secara resmi, pameran yang akan berlangsung selama dua hari, 12-13 November 2011, dibuka oleh Direktur Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Supriadi Rustad, serta Duta Besar/Kepala Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN Julian Wilson.

Julian Wilson mengatakan, UE dan negara anggotanya berkomitmen untuk memberikan akses bagi siswa dan profesional di Indonesia yang ingin melanjutkan peluang studi terbaik yang ada di seluruh wilayah Eropa.

"Apa pun pilihan studinya, ilmiah atau teknis, seni, bisnis atau ekonomi. Universitas-universitas di Eropa menawarkan berbagai macam program pendidikan yang selalu dikaitkan dengan pendidikan dan pelatihan dengan bisnis, industri, dan pengalaman magang," kata Julian.

Sementara itu, Supriyadi mengungkapkan, setiap tahun peluang pelajar Indonesia untuk menempuh studi di Eropa semakin besar.

"Sekarang beasiswa yang mencari kandidat. Tidak seperti sebelumnya, kandidat yang mencari beasiswa," ujar Supriyadi.

Ia menambahkan, ke depannya, kerja sama Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Uni Eropa akan terus ditingkatkan. "Dibandingkan dengan negara lain, Uni Eropa tidak terlalu komersial," katanya.

Universitas yang berpartisipasi dalam EHEF 2011 akan memberi informasi, termasuk mengenai beasiswa kepada para siswa dan profesional Indonesia yang berminat terhadap pendidikan di Eropa. Setiap tahun, lebih dari 1.600 siswa Indonesia memulai studinya di universitas-universitas Eropa dengan biaya sendiri.

EHEF 2011 dibuka untuk umum pukul 10.00-18.00, 12-13 November 2011, di Jakarta Convention Center dan bebas biaya masuk. Selain itu, EHEF 2011 juga akan diselenggarakan di Grand Aston City Hall Hotel Medan pada 15 November 2011, pukul 13.00-20.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com