Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Berburu Informasi dari Finlandia sampai Italia

Kompas.com - 12/11/2011, 20:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Booth-booth sejumlah universitas dan kedutaan besar negara-negara Uni Eropa (UE) dipadati para pengunjung yang berburu informasi seputar pendidikan di Eropa, pada hari pertama European Higher Education Fair 2011, Sabtu (12/11/2011), di Jakarta Convention Centre. Tak kurang 90 institusi pendidikan dari 11 negara Eropa berpartisipasi dan memberikan informasi seputar kesempatan studi di negaranya. Mulai dari Finlandia hingga Italia.

Selain memberikan informasi seputar sistem pendidikan, pembiayaan, dan prosedur aplikasi, beragam informasi beasiswa juga diberikan kepada para pengunjung. Salah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Pedca (20), rela jauh-jauh datang dari Bandung hanya untuk mengunjungi EHEF 2011. Khusus untuk berburu informasi beasiswa, ia pulang-pergi Bandung-Jakarta. Pedca meminati studi di Jerman.

"Harusnya semua pelajar datang ke sini untuk membuka wawasan mengenai pendidikan di Eropa. Informasi beasiswa sangat banyak dan lebih dari yang saya perlukan," kata Pedca kepada Kompas.com.

Sementara itu Arum (24), seorang alumni Teknik Kimia 2005 Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan, ia sengaja mengunjungi EHEF 2011 karena ingin mencari informasi mengenai pendidikan, khususnya beasiswa S2 jurusan bisnis di universitas-universitas negara Eropa yang menggunakan bahasa Inggris.

"Saya mencari info mengenai beasiswa dari kedutaan besar negara-negara Eropa yang penggunaan bahasa Inggrisnya lebih mayor, supaya mudah berkomunikasi, dan mudah membuka jaringan," kata Arum.

Saila Kurtbay, Head of International Affairs Aalto University, Finlandia mengatakan, cukup mengapresiasi antusiasme para pelajar Indonesia. Booth Finlandia terbilang cukup ramai, meski baru pertama kali mengikuti pameran ini.

"Saya tidak menyangka apresiasinya sebesar ini. Para pelajar Indonesia sangat bersemangat dan menunjukkan kemauan yang kuat. Pertanyaan yang mereka ajukan sangat bagus. Kami berharap akan semakin banyak pelajar Indonesia yang bersekolah di Finlandia," kata Saila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com