Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kalbar Dorong Pembentukan Sekolah Sehat

Kompas.com - 15/11/2011, 20:09 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Barat mendorong pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu segera menetapkan sekolah sehat percontohan sebanyak satu unit di masing-masing jenjang pendidikan.

"Ini sesuai Instruksi Gubernur No 2 Tahun 2011 tentang Penetapan Sekolah Sehat Percontohan," kata Kepala Biro Kesejahteraan dan Sosial Setda Provinsi Kalbar, Susanto Tri Nugroho saat mewakili Gubernur Kalbar Cornelis dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Kesejahteraan Sosial Provinsi Kalbar tahun 2011 di Pontianak, Selasa (15/11/2011).

Menurut dia, visi pembangunan Kalbar yaitu mewujudkan masyarakat yang beriman, sehat, cerdas, aman, berbudaya dan sejahtera. Ia menambahkan, terkait hal itu, Pemprov Kalbar berupaya untuk membangun komitmen dan keseriusan dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat.

"Termasuk di dalamnya terhadap para peserta didik sebagai bagian dari masyarakat yang potensial dan akan memberikan pengaruh yang sangat nyata bagi keberlangsungan bangsa dan negara," kata dia.

Ia melanjutkan, salah satu wujud komitmen tersebut adalah adanya kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas derajat kesehatan peserta didik dan tingkat prestasi peserta didik di setiap jenjang pendidikan melalui Instruksi Gubernur No 2 tahun 2011.

Susanto Tri Nugroho mengatakan, kebijakan tersebut merupakan upaya konkrit untuk mewujudkan suatu formula penataan dan pengelolaan sekolah sebagai satu kesatuan lingkungan.

Selain itu, ujar dia, sebagai proses pembelajaran yang saling terkait menuju pada kondisi ideal yang dapat menjadi sarana penanaman nilai positif di satu sisi. "Serta sebagai sarana mencerdaskan generasi bangsa yang merupakan modal utama dalam pembangunan di sisi lain," katanya.

Ia yakin, kalau hal itu mendapatkan perhatian yang serius dari seluruh pemangku kepentingan terkait dan diimplementasikan oleh pemerintah kabupaten dan kota se-Kalbar, dapat menjadi sarana dalam mempromosikan kesehatan sebagai modal bagi peserta didik dalam mengambangkan potensi dan meraih prestasi.

Rakor Kebijakan Kesos Provinsi Kalbar tahun 2011 itu untuk mendapatkan masukan sekaligus menyelaraskan dan mensinergikan program kebijakan di bidang kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah menuju terwujudnya kondisi kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat.

Materi yang disampaikan dari para nara sumber, antara lain kebijakan dan langkah-langkah strategis upaya mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan sehat dan berkualitas serta optimalisasi pendidikan kesehatan di sekolah.

Serta kebijakan langkah-langkah strategis jajaran Dinas Kesehatan dalam upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com