Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruan... Beasiswa Belanda Tetap Prioritaskan Indonesia!

Kompas.com - 18/11/2011, 11:54 WIB
Indra Akuntono

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Bersyukurlah Anda yang ingin melanjutkan studi di Belanda. Meskipun badai krisis tengah melanda negera-negara Eropa, pemerintah dan institusi pendidikan Belanda tetap memberikan kesempatan besar bagi para pelajar internasional yang ingin melanjutkan studinya ke Negari Kincir Angin itu.

Pelajar Indonesia memang beruntung. Saat ini, pemerintah dan institusi pendidikan Belanda tidak hanya menambah jumlah penerima beasiswanya, melainkan juga memprioritaskan para pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di Belanda melalui beasiswa.

Ada dua skema beasiswa dari Pemerintah Belanda yang diunggulkan, yaitu Netherlands Fellowship Programme (NFP) dan StuNed Scholarship Programme. NFP merupakan program beasiswa yang diberikan kepada pelajar dari 60 negara berkembang di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

"Karena yang mendaftar itu para pelajar dari 60 negara, jadi tingkat kompetisinya sangat tinggi," kata Team Coordinator Education Promotion Netherlands Education Support Office (NESO) Indonesia, Ariono Hadipuro, kepada KOMPAS.com di sela pelaksanaan European Higher Education Fair (EHEF), di Aston Grand City Hall Hotel, Medan, Selasa (15/11/2011) lalu.

Sementara itu, StuNed Scholarship adalah program beasiswa dari Pemerintah Belanda yang membuat pelajar Indonesia menjadi spesial. Beasiswa tersebut khusus hanya untuk warga negara Indonesia (WNI), yang berbentuk kerja sama bilateral antarkedua negara.

Ono menjelaskan, setiap tahun Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda mengirimkan 200 WNI melalui beasiswa StuNed ini. Namun, meski jumlahnya besar, beasiswa StuNed lebih diprioritaskan kepada mereka yang bekerja di perusahaan atau lembaga-lembaga yang menjadi mitra kerja Kedubes Belanda.

"Mereka yang bekerja di 46 institusi mitra kerja kedubes akan menjadi prioritas, tapi bukan berarti di luar itu tidak boleh mendaftar. Artinya, kesempatan itu selalu terbuka," jelasnya.

Hal lain menguntungkan adalah posisi para pelajar Indonesia yang dimungkinkan mendaftar di kedua program beasiswa tersebut. Namun, pada akhirnya ketika diterima tetap harus memilih salah satunya.

Untuk periode 2012/2013, batas akhir pendaftaran NFP sekitar akhir Februari, sedangkan pendaftaran StuNed sekitar pertengahan Maret setiap tahun. Ono menambahkan, waktu ideal untuk mempersiapkan segala dokumen pendaftaran adalah sekitar bulan Agustus-September dan informasi lebih lanjut bisa melalui Kedubes Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com