Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pilar Kewirausahaan, Komunikasi, dan TI

Kompas.com - 23/11/2011, 08:57 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Esa Unggul (UEU) Dr.Ir. Arief Kusuma, MBA mengatakan, ada tiga pilar yang harus diunggulkan dalam pengelolaan universitas. Tiga pilar itu adalah kewirausahaan, kemampuan berkomunikasi, dan teknologi informasi. Hal itu, katanya, mendasari perubahan logo universitas yang sudah berdiri selama 25 tahun ini.

"Perubahan logo kami mengarah pada tiga pilar yang diunggulkan UEU, yaitu kewirausahaan, kemampuan berkomunikasi, dan teknologi informasi," kata Arief, Senin (21/11/2011), di Jakarta.

Dengan tiga pilar tersebut, menurutnya, akan tercipta perguruan tinggi yang visioner dan modern. Ketiga pilar ini juga dinilai sangat relevan, aktual, dan aktisipatif terhadap tantangan dan perkembangan zaman.

Pilar kewirausahaan dimaksudkan untuk menciptakan kemandirian bekerja dan kemampuan lulusan dalam menciptakan lapangan kerja. Di banyak negara, kewirausahaan kini menjadi paradigma bagi pengembangan kemandirian ekonomi dan sumber daya manusia suatu bangsa.

Bahkan di kalangan perguruan tinggi dunia, terjadi pergeseran wacana dan orientasi dari research university atau universitas berbasis riset menjadi enterpreneur university atau universitas berbasis kewirausahaan.

"Kami secara serius mengembangkan pilar kewirausahaan dengan memberikan pembekalan motivasi usaha bagi mahasiswa baru, mata kuliah kewirausahaan, kompetisi kreatifitas usaha, dan proposal bisnis. Selain itu, ada pula magang kewirausahaan, seminar, diskusi, kunjungan ke industri, inkubator bisnis, penyediaan akses modal usaha bagi lulusan, konsultasi bisnis serta penciptaan atmosfir yang mendorong spirit kewirausahan," paparnya.

Sementara itu, pilar Komunikasi dapat diwujudkan melalui peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para mahasiswa, dengan tolok ukur TOEFL/TOEIC score, pendirian Toastmaster English Club, serta partisipasi mahasiswa dalam berbagai English Speech Contest.

Pilar ketiga, yaitu diwujudkan melalui penerapan model pembelajaran e-Iearning dilengkapi dengan fasilitas e-Iibrary, peralatan multimedia dalam setiap ruang kelas dan video conference, ditunjang dengan sistem informasi terpadu dalam mengelola kegiatan kemahasiswaan, akademik, keuangan, penerimaan mahasiswa baru dan perkuliahan.

Logo baru

Wakil Rektor III UEU Holiq Raus menjelaskan, logo baru yang diusung universitasnya digambarkan oleh ekspos huruf “e” (Esa) dan huruf “u” (Unggul), yang dibentuk oleh 3  garis lengkung yang berputar mengelilingi sebuah bola biru. Konstelasi ini  melambangkan dinamika universitas untuk menembus kemapanan, mencapai cita-cita luhurnya. Keberadaan bola biru  menegaskan fokus untuk meraih reputasi di tingkat internasional. Seberkas cahaya pada bola biru menggambarkan sumbangan universitas pada kemajuan masyarakat dan kemanusiaan.

“Jadi, secara keseluruhan logo baru merefleksikan esensi dari rencana strategik universitas untuk membangun budaya organisasi yang lebih baik. Penguatan corporate brand identity ini juga akan meningkatkan kepercayaan dan apresiasi publik terhadap pencapaian dan reputasi universitas," papar Holiq.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com