Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Klasik Doom 3 Resmi "Ditelanjangi"

Kompas.com - 23/11/2011, 16:55 WIB

KOMPAS.com Doom 3, game klasik legendaris dari id Software, telah "ditelanjangi" oleh pembuatnya. Seluruh kode penyusunnya bisa dilihat.

Kode penyusun Doom 3 dilepas dengan lisensi open source GNU Public License (GPL) dan bebas diunduh siapa pun yang menginginkannya. Tentunya, kode ini tidak mencakup konten game-nya.

Kode yang dilepaskan itu memungkinkan developer atau komunitas developer yang mau mengolahnya menjadi game yang bisa dimainkan. Hal serupa pernah dilakukan untuk kode penyusun Quake 3.

Doom 3 hadir kali pertama di pasaran pada Agustus 2004 melalui Activision. Game itu telah tersedia dalam platform Windows, Linux, Mac, dan Xbox.

Dapatkan kode penyusun Doom 3 di Github

Kisah kode yang hilang

Satu hal yang menarik, kode Doom 3 yang dilepas ke publik ini tidak mencakup satu metode bernama 'Carmack's Reverse'. Metode ini temuan John Carmack, pendiri id, untuk menghasilkan shading (bayangan) pada tampilan permainan.

Ceritanya begini, pada pengembangan Doom 3, Carmack menemukan (dan memublikasikan) sebuah proses penerapan shading yang dikenal dengan istilah Carmack's Reverse. Tanpa diketahui Carmack, metode itu ternyata telah dipatenkan pada 1999 oleh Creative Labs dengan nama 'Depth Fail'.

Meski keduanya dikembangkan terpisah, metode yang digunakan Carmack dianggap melanggar paten Creative. Carmack pun mengalah dan coba membuat metode baru untuk mengakalinya agar tak dianggap melanggar. Sayangnya, metode baru itu membuat Doom 3 berjalan lebih lambat sehingga id Software pun terpaksa memilih tetap memakai Carmack's Reverse alias Depth Fail dan membayar lisensi ke Creative Labs.

"Ini menunjukkan betapa sistem paten itu sangat bodoh. Untuk mengakalinya saya hanya perlu menambahkan empat baris kode dan mengubah dua," ujar Carmack di akun Twitter-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com